Berita Kebumen

Cerita Anggota Polres Kebumen Ipda Axel Kuliah Magister di Inggris: Diajak Dosen Diskusi Kasus

Peribahasa 'Tuntutlah ilmu sampai negeri China' menjadi gambaran gigihnya Ipda Axel Rizky Herdana menimba ilmu hingga negeri jauh.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS POLRES KEBUMEN
Ipda Axel Rizky Herdana mengunjungi Stadion Old Trafford, markas klub sepak bola Manchester United, di sela pendidikan di University of Leeds. Anggota Polres Kebumen itu mengikuti pendidikan luar negeri melalui beasiswa Lembaga Penyedia Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Kementerian Keuangan RI. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KEBUMEN - Peribahasa 'Tuntutlah ilmu sampai negeri China' menjadi gambaran gigihnya Ipda Axel Rizky Herdana menimba ilmu hingga negeri jauh.

Namun, bukan ke Negeri Tirai Bambu. Anggota Polres Kebumen itu memilih mengambil studi ke Negeri Ratu Elizabeth, Inggris.

Axel tak sayang meninggalkan karier cemerlangnya di Polres Kebumen dan mengambil cuti pendidikan.

Dia yang pernah menjabat sebagai Kanit Pidana Umum dan Kanit Tindak Pidana Korupsi Sat Reskrim Polres Kebumen di awal 2021 itu diterima di program magister University of Leeds jurusan Criminal Justice and Criminology.

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 2009 itu mengikuti pendidikan luar negeri melalui beasiswa Lembaga Penyedia Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Kementerian Keuangan RI.

Baca juga: Diguyur Hujan, Jalan di Sejumlah Titik di Kebumen Ambles

Baca juga: Puluhan Warga Desa Trikarso Dikabarkan Terjangkit DBD, Tiga Jalani Perawatan di RSUD Kebumen

Baca juga: Pedagang Cilok Dapat Bantuan Rombong Motor, Pesan Bupati Kebumen: Jangan Malah Dijual

Baca juga: Bupati Kebumen Datangi Sungai Viral di Kedungwringin Sempor, Janji Segera Bangun Jembatan

Sebagai perwira di Polri, Axel memang dituntut memiliki intelektual dan bidang keilmuan sesuai bidang tugas.

"Saya bisa lulus dan bisa melanjutkan studi di luar negeri ini juga berkat dukungan dari orang tua, pimpinan, dan rekan-rekan," ungkap Axel dalam rilis, Selasa (30/11/2021).

University of Leeds merupakan satu di antara 100 universitas terbaik di dunia yang memiliki kredibilitas baik, termasuk studi Ilmu Kriminologi.

Menurut Axel, tidak mudah lolos seleksi masuk kampus di wilayah West Yorkshire itu.

Proses seleksi berlangsung selama kurang lebih satu tahun.

Dimulai dari pemilihan oleh Bagian SDM Polres Kebumen untuk melakukan pendidikan kejuruan Sekolah Bahasa (SEBASA) di Cipinang, melakukan test sertifikasi bahasa Inggris, International English Language Testing System (IELTS) dengan standar yang telah ditetapkan masing-masing universitas, kemudian seleksi universitas untuk mendapatkan surat keputusan berupa Letter of Acceptance (LoA).

Setelah melalui proses tersebut, barulah ia memulai seleksi beasiswa LPDP.

Dimulai dari tahapan tes akademik, psikologi, hingga tahapan wawancara.

Putra pasangan Setyo Hery Purnomo dan Lucilla Wahyu Kartika itu pun mengungkapkan sedikit pengalamannya belajar di luar negeri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved