Breaking News:

Berita Purbalingga

Lantik 85 Pejabat, Bupati Purbalingga Ingatkan Jargon Kerja ASN 'Berakhlak'

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melantik satu pejabat struktural pimpinan tinggi pratama dan 84 orang pejabat fungsional, Rabu (17/11/2021).

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Dok Humas Pemkab Purbalingga
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melantik pejabat struktural pimpinan tinggi pratama dan 84 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, di Pendopo Dipokusumo, Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melantik satu pejabat struktural pimpinan tinggi pratama dan 84 orang pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Rabu (17/11/2021).

Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Dipokusumo.

Pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah Ir Zaenal Abidin.

Zaenal yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Pembangunan, dilantik menjadi kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Sementara, pejabat fungsional yang dilantik terdiri dari Bidan Terampil 17 orang, Dokter Pertama 12 orang, Nutrisionis Mahir 1 orang, Perawat Ahli Pertama 2 orang, Perawat Terampil 7 orang, Terapis Gigi dan Mulut Terampil 2 orang, dan Guru Pertama 43.

Baca juga: Pemkab Purbalingga Targetkan PPKM Level 1 Tercapai Akhir Tahun, Ini yang Dilakukan

Baca juga: Dukung Peningkatan Produktivitas Pertanian, Bupati Purbalingga Janjikan Dana Stimulan

Baca juga: Data Kasus Covid di Purbalingga Fluktuatif, Dinkes Akui Disebabkan Tracing yang Terus Dilakukan

Baca juga: Bupati Purbalingga Serahkan 101 Alat dan Mesin Pertanian kepada 59 Kelompok Tani: Aja Ngasi Mubah

Kepada para pejabat fungsional yang dilantik, Tiwi, sapaan bupati, berpesan agar mereka segera berkoordinasi dengan pimpinan masing-masing dan membantu mengejar target yang telah ditetapkan.

"Kita itu tidak boleh bekerja monoton, itu-itu saja. Dengan adanya tantangan, keterbatasan anggaran dan SDM, tentu diperlukan inovasi."

"Saya yakin, para ASN di Purbalingga pintar-pintar dan pasti punya ide kreatif serta program inovatif yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kinerja OPD," ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (18/11/2021).

Tiwi juga mengingatkan kepada seluruh ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Purbalingga agar mampu mengamalkan tujuh nilai dasar yang telah dirumuskan Kemenpan RB, yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (Berakhlak).

"Jargon 'Berakhlak' ini kiranya benar-benar menjadi komitmen para pemimpin agar ASN dapat terus berakselerasi dalam menjalankan tugas melayani masyarakat," katanya.

Baca juga: Berkat Helm, Warga Kebumen Terjun ke MotoGP. Begini Cerita Mugiyono Jadi Teknisi Helm Pembalap Dunia

Baca juga: Akses Jalan Desa Gununglurah-Desa Sambirata Banyumas Putus, Tertutup Longsor Tebing setebal 3 Meter

Baca juga: Kebumen Berstatus Level 2 PPKM, Pagelaran Wayang Kulit Sudah Diizinkan Digelar

Baca juga: Polisi Temukan Celurit dari 14 Pelajar di Kota Semarang yang Diciduk saat Berniat Tawuran

Sesuai Undang-undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, ASN memiliki tiga fungsi, yang pertama adalah sebagai pelayan masyarakat, pelaksana kebijakan publik, dan tugas sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

"Sudah tidak zaman ASN menjadi priyayi akan tetapi sebagai ASN harus turun ke lapangan, mendekat ke masyarakat, mendengar apa yang menjadi keluhan masyarakat, karena kita ini petugas yang melayani masyarakat," jelasnya.

Pelantikan pejabat fungsional dihadiri Wakil Bupati H Sudono, Ketua DPRD HR Bambang Irawan, Sekda Herni Sulasti, dan sejumlah pejabat terkait lain. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved