Breaking News:

Berita Purbalingga

Bupati Purbalingga Serahkan 101 Alat dan Mesin Pertanian kepada 59 Kelompok Tani: Aja Ngasi Mubah

Dinpertan Kabupaten Purbalingga menyerahkan 101 alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada 59 kelompok tani di Purbalingga, Selasa (16/11/2021

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS PEMKAB PURBALINGGA
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyerahkan bantuan 101 alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 59 kelompok tani di Purbalingga, Selasa (16/11/2021). Bantuan diserahkan di UPTD Perbenihan Dinpertan Purbalingga di Mewek. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA – Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga menyerahkan 101 alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada 59 kelompok tani di Purbalingga, Selasa (16/11/2021).

Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di UPTD Perbenihan Dinpertan Purbalingga, di Mewek.

Tiwi, sapaan bupati, berpesan agar alsintan yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik.

"Memperjuangkan bantuan ini sulit, saya titip bagaimana alat-alat ini digunakan sebaik-baiknya, aja ngasi mangkrak (jangan sampai nganggur tak terpakai)."

"Saya titip dijaga betul-betul, aja nganti mubah (jangan sampai tidak berguna). Dan saya berharap, bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah bisa meningkatkan produktivitas pertanian di Purbalingga," kata Tiwi dalam rilis yang diterima, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Rumah Warga Tumanggal Purbalingga Rusak Diterjang Longsor, Kerugian Ditaksir Rp 30 Juta

Baca juga: Vaksinasi Covid di Polres Purbalingga Sasar Santri, Giliran 180 Warga Ponpes An Nahl yang Divaksin

Baca juga: Warga Bedagas Purbalingga Ditemukan Tewas di Sumur, Diduga Terjatuh saat Epilepsi Kambuh

Baca juga: Selamat! Tiga Atlet Panahan Purbalingga Gondol Medali Emas di Peparnas Papua

Tiwi mengatakan, alsintan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang juga perjuangan aspirasi dari anggota DPR RI.

Alat pertanian yang diberikan tersebut di antaranya cultivator, power thresher, pompa air, traktor roda 2, automatic hand sprayer, com sheller, dan traktor roda 4.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Mukodam mengatakan, 101 unit alsintan yang diberikan tersebut senilai Rp 2 miliar.

Mukodam mengatakan, di tengah keterbatasan lahan pertanian saat ini diharapkan produktivitas atau hasil pertanian bisa dipertahankan, bahkan meningkat.

"Mencari tandur sekarang susah, (tenaga) macul juga susah, terlalu lama dengan manual. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan efisiensi kecepatan dan mempersingkat waktu, mekanisasi ini menjadi keniscayaan yang harus kita lakukan."

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved