Breaking News:

Berita Banyumas

Kasus Covid Menurun, PMI Banyumas Berlimpah Plasma Konvalesen. Berdonor Tetap Dilayani Setiap Hari

Dalam kurun Januari sampai pertengahan September 2021, PMI Banyumas mengumpulkan 3.167 kantong plasma konvalesen.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/HUMAS PMI BANYUMAS
Sejumlah pendonor mengikuti donor darah dalam kegiatan HUT ke-76 PMI di UDD PMI Banyumas, Desa Pekaja, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Sabtu (18/9/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Dalam kurun Januari sampai pertengahan September 2021, PMI Banyumas mengumpulkan 3.167 kantong plasma konvalesen.

Jumlah tersebut berasal dari 972 orang penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma konvalesen (PK) di PMI Kabupaten Banyumas.

Ketua PMI Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi dokter Ivone Rusyandari, dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Banyumas, mengatakan, saat ini, PMI Banyumas akan terus melayani penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan PK-nya.

"Saya juga akan mendonorkan plasma konvalesen. Saya juga penyintas Covid-19, lulusan Covid-19. Hanya, masih menunggu waktu diperbolehkan karena setelah sembuh dari Covid-19, tidak bisa langsung berdonor," ujar Sadewo dalam rilis yang diterima, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: PMI Banyumas Bagikan 1000 Paket Obat Gratis kepada Warga yang Jalani Isoman di Tiga Kelurahan

Baca juga: PMI Banyumas dan Cilacap Dapat Konsentrator Oksigen dari PMI Pusat, Masing-masing Terima 2 Unit

Baca juga: Sekda Banyumas Berterima Kasih kepada Dishub: Mari Wujudkan Pelayanan Transportasi Aman dan Nyaman

Baca juga: Miris! 3 Tahun, Remaja di Banyumas Dirudapaksa Bapak dan Kakak. Terbongkar Setelah Kabur dari Rumah

Hal itu disampaikannya di sela kegiatan HUT ke-76 PMI tingkat kabupaten yang dilaksanakan di UDD PMI Banyumas, Desa Pekaja, Kecamatan Sokaraja, Banyumas, Sabtu (18/9/2021).

Menurut Sadewo yang juga Wakil Bupati Banyumas itu, seiring berkurangnya jumlah kasus Covid-19 dan terus bertambahnya jumlah pasien Covid-19 yang sembuh, UDD PMI Banyumas memiliki stok plasma konvalesen yang cukup.

Dokter Ivone yang bertanggungjawab menangani donor darah di PMI Banyumas menambahkan, meski stok PK tersedia dalam jumlah yang cukup, pihaknya tetap melayani penyintas yang akan berdonor plasma konvalesen.

"Stok plasma konvalesen saat ini tersedia dalam jumlah yang cukup. Pelayanan donor PK tetap dilayani tetapi kami batasi. Tujuannya, supaya tidak berlebihan karena kulkas untuk menyimpan stok PK-nya juga terbatas," terangnya.

Sementara untuk donor reguler, kata Ivone, pada periode yang sama (Januari-pertengahan September 2021) PMI Banyumas mengumpulkan 24.840 kantong darah dari berbagai golongan darah.

"Jumlah pendonor yang mendaftar 30.905 orang tetapi tidak semua bisa diambil darahnya karena beberapa sebab, misalnya tekanan darah dan HB-nya yang tidak memenuhi syarat saat akan berdonor," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved