Breaking News:

Berita Banyumas

Bupati Banyumas Luncurkan Rumah Sakit Tanpa Dinding di RSK Mata Purwokerto: RS yang Cari Warga Sakit

Bupati Banyumas Achmad Husein meluncurkan Program Rumah Sakit Tanpa Dinding pada Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto, Sabtu (4/9/2021) sore.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS PEMKAB BANYUMAS
Bupati Banyumas Achmad Husein meluncurkan Program Rumah Sakit Tanpa Dinding pada Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto, Sabtu (4/9/2021) sore, di aula rumah sakit setempat. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Bupati Banyumas Achmad Husein meluncurkan Program Rumah Sakit Tanpa Dinding pada Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto, Sabtu (4/9/2021) sore, di aula rumah sakit setempat.

Menurut Husein, program ini merupakan program unggulan dari gubernur Jateng dalam pelayanan kesehatan, mulai kuratif, preventif, promotif, dan rehabilitatif.

Program ini pertama kali dicanangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di RSUD Kendal.

Bupati menjelaskan, Program Rumah Sakit Tanpa Dinding adalah program dimana rumah sakit harus aktif mendekat atau turun ke masyarakat membagikan upaya promotif dan preventif.

Baca juga: Kemenhub Gelar Vaksinasi Covid Massal bagi Sopir Angkutan Umum di Banyumas, Tersedia 3000 Dosis

Baca juga: Cari Solusi Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, RSUD Banyumas Luncurkan Forum Junek

Baca juga: Jelang Liga 3, Persibas Banyumas Cari Pemain. Seleksi Hanya untuk Calon Pemain Kelahiran 1999-2003

Baca juga: Pemkab Banyumas Sediakan Fasilitas Tes Antigen Gratis bagi Peserta Seleksi CPNS, Ini Syaratnya

Selain sosialisasi atau memberikan penyuluhan, juga untuk mencari kasus-kasus penyakit yang dialami warga, yang nantinya akan dicarikan jalan keluarnya.

"Jadi, pihak rumah sakit akan turun ke masyarakat guna menemukan orang-orang yang menderita penyakit," jelas Bupati Husein dalam rilis yang diterima, Minggu (5/9/2021).

Dalam program ini, nantinya, rumah sakit pelaksana akan bekerja sama dengan puskesmas dalam menjangkau masyarakat.

"Meski program ini, proper dari direktur, saya minta, seluruh civitas RSK Mata Purwokerto mendukung. Dan ini harus sukses agar bisa menjadi contoh rumah sakit yang lain," kata Bupati.

Direktur Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto dr Catur Yuni Muliatsih mengatakan, Program Rumah Sakit Tanpa dinding pada rumah sakit khusus mata ini adalah suatu program dimana rumah sakit memberikan pelayanan secara paripurna.

Artinya, rumah sakit tidak hanya memberikan pelayanan di dalam gedung, yakni pelayanan penyembuhan atau istilahnya kuratif atau rehabilitatif tetapi juga memberikan pelayanan di luar gedung, yaitu pelayanan promotif dan preventif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved