Breaking News:

Liga Champion

Tak Dipakai Lagi di Liga Champions dan Europa, UEFA: Aturan Gol Tandang Bikin Permainan Defensif

Kamis (24/6/2021), UEFA mengumumkan bahwa aturan gol tandang tidak akan dipakai lagi di Liga Champions dan Liga Europa mulai musim 2021-2022.

Editor: rika irawati
TWITTER/BARCAUNIVERSAL
Logo resmi UEFA, organisasi induk sepak bola di Eropa. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Kamis (24/6/2021), UEFA mengumumkan bahwa aturan gol tandang tidak akan dipakai lagi di Liga Champions dan Liga Europa mulai musim 2021-2022. Pengumuman itu disampaikan UEFA di situs resmi mereka.

Aturan gol tandang pertama kali dipakai dalam kompetisi antarklub Eropa, sejak 1965, yaitu di fase knock-out Piala Winners

Dalam aturan yang dipakai di pertandingan dengan sistem dua leg ini, gol yang diciptakan sebuah tim, dalam laga tandang, berarti ganda.

Apabila head to head hasil dua tim dari dua pertandingan di dua leg seimbang maka tim yang mencetak gol tandang lebih banyak, akan lolos ke babak selanjutnya.

Baca juga: Resmi! UEFA Undur Pelaksanaan Euro 2020 Diundur Setahun. Digelar Juni - Juli 2021

Baca juga: Ulah Hacker Dunia Sepak Bola, Hebohkan Pendukung Barcelona hingga Buat Manchester City Dihukum UEFA

Sekarang, apabila head to head hasil dua tim dari dua pertandingan di dua leg seimbang, laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu dan adu penalti.

UEFA berargumen bahwa aturan gol tandang malah membuat permainan menjadi defensif.

Tim yang menjadi tuan rumah tidak berani keluar terlalu menyerang karena takut kebobolan.

"Statistik, sejak pertengahan 1970-an, memperlihatkan tren selisih yang makin mengecil di antara kemenangan kandang dan tandang (61%-19% menjadi 47%-30%)," tulis UEFA.

"Rata-rata, gol yang dicetak di pertandingan kandang dan tandang juga mengalami tren serupa, dari 2,02 gol kandang/0,95 gol tandang menjadi 1,58/1,15," lanjutnya.

UEFA juga mempertimbangkan ketidakadilan dari aturan ini jika sebuah pertandingan dua leg harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved