Breaking News:

Teror Virus Corona

Pakai Pesawat Carter, 132 WNA India Eksodus ke Indonesia. 12 Orang Positif Covid-19

Seratusan warga negara asing (WNA) asal India masuk ke Indonesia di tengah jumlah kasus Covid-19 di India melonjak tajam.

Editor: rika irawati
Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi pencegahan corona 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Seratusan warga negara asing (WNA) asal India masuk ke Indonesia di tengah jumlah kasus Covid-19 di India melonjak tajam. Dari hasil pemeriksaan, 12 orang di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (23/4/2021).

Ia mengatakan, pemerintah sudah melakukan whole genome sequencing untuk mengetahui varian virus Covid-19 dari para WNA tersebut. Namun, hasilnya belum diketahui.

"Sampai saat ini, ada 12 penumpang (WNA asal India) yang sudah positif dan dari 12 penumpang itu, semuanya sudah kami lakukan genom sequensing tapi hasilnya keluar," kata Budi.

Baca juga: 25 Warga Sampangan Semarang Positif Covid, Pulang Takziah Lanjut Rekreasi ke Temanggung

Baca juga: Wabup Cilacap Berterima Kasih, Banyak Pihak Ikut Membantu Warga di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Dusun Gondang Boyolali Di-lockdown, 36 Warganya Positif Covid-19 Sepulang Piknik

Baca juga: Semua Guru di Kudus Bakal Terima Vaksin Covid-19, Vaksinasi Ditarget Rampung Juli

Sebelumnya, Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Beget Saragih mengatakan, ada 132 WNA asal India yang masuk ke Indonesia, secara bersama.

Hasil pemeriksaan, sembilan orang di antaranya positif Covid-19. Mereka sudah dievakuasi dan diisolasi di hotel.

"Walaupun mereka membawa hasil negatif dari luar negeri, kemarin kami melakukan swab PCR dari satu hotel, ada hotel Ibis Thamarin, 67 orang ditempatkan di sana, 9 yang positif dan ini sudah kami lakukan evakuasi dan diisolasi, dan akan dilakukan swab test kedua," kata Benget saat dihubungi, Jumat.

Benget mengatakan, 132 orang WNA asal India masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat charter yang terdiri dari ibu rumah tangga dan anak-anak.

Belakangan, Pemerintah Indonesia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) resmi menutup pintu masuk bagi setiap pelaku perjalanan yang berasal dari India menyusul terjadi lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Ketua KPC-PEN Airlangga Hartarto mengatakan, setiap warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal maupun transit dari India dalam waktu 14 hari, tidak diizinkan masuk Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved