Breaking News:

Penanganan Corona

Gara-gara Hipertensi, Vaksinasi Covid ke Bupati Temanggung Ditunda. Dari Forkompimda, Hanya Kapolres

Bupati Temanggung M Al Khadziq gagal disuntik vaksin Covid-19 pada hari pertama vaksinasi di Kabupaten Temanggung, Senin (25/1/2021).

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/SAIFUL MA'SUM
Bupati Temanggung M Al Khadziq menjalani pemeriksaan tekanan darah dalam tahap screening vaksinasi covid di di Pendopo Pengayoman, Senin (25/1/2021). Hasilnya, tekanan darah Khadziq masuk kategori tinggi sehingga pemberian vaksin ditunda. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, TEMANGGUNG - Bupati Temanggung M Al Khadziq gagal disuntik vaksin Covid-19 pada hari pertama vaksinasi di Kabupaten Temanggung, Senin (25/1/2021).

Tak hanya Khadziq, sejumlah pejabat anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Temanggung juga tidak lolos screening lantaran tekanan darah tinggi (hipertensi). Vaksinasi kepada mereka akhirnya ditunda.

Mereka yang gagal divaksin adalah Sekda Temanggung Hary Agung Prabowo, Dandim 0706/Temanggung Letkol CZI Kurniawan Hartanto, Ketua DPRD Yunianto, Kepala Pelaksana BPBD Dwi Sukarmei, dan Kepala Kejaksaan Negeri Temanggung.

Hanya Kapolres AKBP Benny Setyowadi dari jajaran Forkompimda yang lolos screening dan dinyatakan memenuhi syarat menerima suntik vaksin Covid-19.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, sedianya, ada 10 pejabat jajaran Forkompimda hingga tokoh agama, budayawan, dan juga tokoh masyarakat yang menjadi contoh vaksinasi tahap pertama.

Hanya saja, separo di antaranya tidak bisa vaksin karena tekanan darahnya di atas batas ketentuan 140/90 mmHg.

"Sebagai percontohan vaksinasi, ada 10 orang pemimpin dan tokoh masyarakat yang ditunjuk. Memang, beberapa orang tidak bisa divaksin karena tekanan darahnya tinggi. Seperti saya, Ketua DPRD, Pak Sekda, Pak Dandim dan Pak Kajari," terang Khadziq seusai acara vaksinasi Covid-19 di Pendopo Pengayoman.

Baca juga: Data BPBD Temanggung: Ada 219 Bencana Sepanjang 2020, Tanah Longsor Lebih Mendominasi

Baca juga: Pemkab Temanggung Mulai Kaji Rencana Pembukaan Pikatan Water Park, Heri: Regulasi Sedang Disiapkan

Baca juga: 352 Pejabat Pengawas dan Fungsional Pemkab Temanggung Dilantik, Ini Permintaan Bupati

Baca juga: Sekolah Kembali Berpeluang Lanjutkan KBM Tatap Muka di Temanggung, Ini Tiga Syarat Utamanya

Khadziq menuturkan, berdasarkan arahan dari Dinas Kesehatan, pejabat yang tidak lolos screening vaksinasi akan menerima treatmen selama dua pekan guna menurunkan tekanan darah.

Setelah itu, bisa mengikuti proses screening lagi pada termin kedua vaksinasi.

Di lain sisi, ia memastikan, vaksin Covid-19 tahap pertama ini sudah terdistribusikan ke fasilitas kesehatan yang ada. Meliputi, 26 puskesmas, 4 rumah sakit dan 2 klinik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved