Breaking News:

Berita Internasional

Varian Baru Virus Corona Muncul di Eropa, Arab Saudi Tutup Sementara Penerbangan Internasional

Arab Saudi menutup sementara semua penerbangan internasional selama sepekan untuk mencegah penularan varian baru dari virus corona SARS-Cov-2 ini.

Editor: rika irawati
AFP/GETTY IMAGES via BBC Indonesia
Para anggota tim medis dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi menunggu rombongan pertama calon jemaah haji di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, pada 25 Juli 2020. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Varian baru virus Covid-19 ditemukan di Inggris dan sejumlah negara lain di Eropa. Kondisi ini membuat Arab Saudi menutup sementara semua penerbangan internasional selama sepekan untuk mencegah penularan varian baru dari virus corona SARS-Cov-2 ini.

Bahkan, sejumlah negara Uni Eropa juga melakukan travel ban terhadap Inggris karena khawatir dengan penyebaran varian baru virus corona itu.

Dilansir dari Arab News, Minggu (20/12/2020), keputusan penutupan sementara penerbangan internasional ke Arab Saudi itu mulai berlaku pada Senin (21/12/2020) dan bisa diperpanjang hingga pekan berikutnya.

Selain penerbangan internasional, pintu masuk ke Arab Saudi melalui pelabuhan dan jalur darat juga ditutup untuk rentang waktu yang sama.

Baca juga: Pendaftaran Mulai Dibuka, Pemerintah Arab Saudi Segera Berikan Vaksin Gratis ke Warga

Baca juga: Presiden Perancis Emmanuel Macron Positif Covid-19, Istri Ikut Jalani Isolasi

Baca juga: Kenali Gejala Covid-19 Lewat Kopi, Begini Caranya

Berdasarkan keterangan Saudi Press Agency (SPA) keputusan penutupan sementara itu diambil setelah adanya temuan strain baru virus corona yang lebih menular.

Penutupan tidak berlaku untuk pergerakan barang, komoditas, dan rantai pasokan dari negara-negara di mana virus yang bermutasi belum muncul.

Isolasi

Dilansir dari Gulf News, Senin (21/12/2020), meski penerbangan internasional ke Arab Saudi ditangguhkan, semua penerbangan asing yang saat ini berada di wilayah negara itu diperbolehkan untuk keluar.

Selain menangguhkan semua penerbangan internasional, Arab Saudi juga mewajibkan siapa pun yang kembali dari salah satu negara Eropa atau negara terdampak lainnya untuk menjalani isolasi di tempat tinggalnya.

Ketentuan isolasi yang harus dipatuhi sebagai berikut:

  • Isolasi rumah selama dua pekan, dimulai dari tanggal tiba di Arab Saudi.
  • Melakukan pemeriksaan Covid-19 selama masa isolasi, dengan pemeriksaan ulang setiap lima hari.
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved