Breaking News:

Teror Virus Corona

Penyidik KPK Meninggal Dunia setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kehilangan salah satu penyidiknya, dia adalah Komisaris Polisi Pandu Hendra Sasmita.

Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi virus Covid-19. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kehilangan salah satu penyidiknya, dia adalah Komisaris Polisi Pandu Hendra Sasmita.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri menerangkan, Kompol Pandu menghembuskan napas terakhir pukul 15.03 WIB hari ini, Minggu (13/9/2020).

"KPK berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya salah satu penyidik terbaiknya, Minggu, 13 September 2020 jam 15.03 WIB, atas nama Kompol Pandu Hendra Sasmita SIK, yang wafat akibat sakit," terang Ali dalam keterangannya.

Istri dan Empat Anak Penyidik KPK Novel Baswedan Juga Positif Covid-19

Penyidik KPK Novel Baswedan Positif Covid-19

KPK Tambah Personel Pemburu Harun Masiku

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2006 itu sebelumnya dinyatakan kritis dan terpapar virus Covid-19. Yang bersangkutan juga menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Jakarta Timur.

Namun, Ali mengatakan, sebelum meninggal, Kompol Pandu sudah dinyatakan negatif Covid-19 oleh dokter.

"Sebelumnya, almarhum sempat dirawat di RS Polri karena terpapar Covid-19 namun sudah dinyatakan non-Covid-19," katanya.

Sementara, Wadah Pegawai (WP) KPK menyatakan rasa berdukanya atas meninggalnya Kompol Pandu Hendra Sasmita. Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap menyebut, almarhum merupakan salah satu penyidik terbaik yang dimiliki lembaga antirasuah.

"Wadah Pegawai KPK berduka cita atas meninggalnya Kompol Pandu Hendra Sasmita, salah satu penyidik terbaik yang dimiliki oleh KPK," ujar Yudi dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Koalisi Parpol Sepakat Tunjuk KH Ali Mahsun Gantikan Joko Sutanto, Dampingi Eisti di PIlkada Demak

KPU Kabupaten Semarang Minta Bakal Calon Wakil Bupati M Basari Perbaiki Berkas Soal Pekerjaan

Berkas 3 Calon Pendaftar Pilkada Kendal Tak Lengkap, KPU Tunggu Perbaikan Sampai 16 September

Di mata Yudi, almarhum adalah pribadi yang baik dan murah senyum. Pandu merupakan penyidik yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi dalam menyelesaikan tugas yang diembannya.

"Saya sendiri pernah bertugas bersama Mas Pandu sehingga mengenal Mas Pandu sebagai penyidik yang berdedikasi dan berkomitmen tinggi dalam menyelesaikan tugas yang diamanahkan," kata Yudi.

Ia menyebut, jasa mendiang Pandu selama bertugas sebagai penyidik di KPK akan menjadi kenangan sekaligus motivasi bagi sesama pegawai KPK.

Hal itu juga sekaligus untuk melanjutkan cita-cita almarhum dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Kami berdoa semoga Allah SWT menerima seluruh amal baiknya, dilapangkan jalannya dan diberikan tempat terbaik disisi-Nya, serta kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan keikhlasan," kata Yudi. (tribunnews/kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BREAKING NEWS: Sempat Divonis Terpapar Covid-19, Penyidik KPK Meninggal Dunia. 

Editor: rika irawati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved