Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Begini Cara PT KAI Jamin Penumpang Tak Mudah Tertular Covid-19, Sebelum Hingga Sesudah Perjalanan

Transportasi kereta api diyakini sebagai moda yang aman untuk melakukan perjalanan karena adanya penerapan protokol kesehatan secara ketat.

DOKUMENTASI PT KAI
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang di dalam kereta api sebelum melakukan perjalanan. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - PT KAI (Persero) menilai transportasi kereta api bukanlah lokasi rentan dalam penularan Covid-19.

Transportasi kereta api diyakini sebagai moda yang aman untuk melakukan perjalanan karena adanya penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Berdasarkan hasil kajian para ahli, kereta api merupakan moda yang aman digunakan selama pandemi."

"Itu karena telah menerapkan protokol secara ketat," ujar Manager Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Supriyanto kepada Tribunbanyumas.com, Kamis (10/9/2020).

Secepatnya Kumpulkan Rekening, BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto: Diperpanjang Hingga 15 September

Omset Pedagang Pasar Wage Purwokerto Menurun 70 Persen Sejak Pandemi, Bupati Coba Bantu Cari CSR

Truk Terdorong Hingga Masuk Sawah di Sokaraja Banyumas, Diduga Sopir Bus Hilang Konsentrasi

KBM Tatap Muka Terancam Ditunda Lagi di Banyumas, Dindik Tunggu Instruksi Tim Gugus Tugas

Berbagai penelitian di Perancis, Jepang, dan Amerika menunjukkan bahwa tidak ada penemuan kluster Covid-19 di transportasi publik seperti kereta api.

Jurnal yang diterbitkan Universitas Oxford juga mengatakan, penyebaran Covid-19 pada pelanggan kereta dapat dicegah dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Pandu Riono mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kereta api menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Meskipun terdapat himpunan atau kerumunan banyak orang, namun tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 berkat adanya penerapan protokol kesehatan.

Adapun penelitian yang dilakukan ITB mengungkapkan, transportasi umum tidak menjadi sumber infeksi jika pelanggan mematuhi protokol kesehatan.

Seperti penggunaan masker, physical distancing, dan mencuci tangan, serta memberikan perlindungan khusus untuk petugas frontliner.

Halaman
123
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved