Berita Banyumas

Hore, PMI Banyumas Kini Miliki Truk Tangki Air Bersih

Bupati Banyumas Achmad Husein meluncurkan operasional truk tangki air milik PMI Kabupaten Banyumas, Rabu (2/9/2020).

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS.COM/PERMATA PUTRA SEJATI
Bupati Banyumas Achmad Husein menyiramkan air dalam kendi saat melaunching operasional truk tangki air milik PMI Kabupaten Banyumas, Rabu (2/9/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Bupati Banyumas Achmad Husein meluncurkan operasional truk tangki air milik PMI Kabupaten Banyumas, Rabu (2/9/2020).

Peluncuran ditandai penyiraman air bunga oleh bupati, wakapolresta, dan ketua PMI, ke body truk bagian depan.

Turut hadir pada kegiatan ini kepala BPBD Kabupaten Banyumas, direktur PDAM Kabupaten Banyumas, dan pengurus PMI.

Ketua PMI Banyumas Dibyo Yuwono mengatakan, tangki air tersebut dibeli dari bulan dana PMI Tahun 2019 yang dikoordinir oleh kapolresta Banyumas.

Bupati Banyumas Dorong Warga Lestarikan Kuliner Berbahan Oyek

Gudang Mebel di Kudus Terbakar, Api Sempat Merembet ke Kantor PCNU

Catat, Jam Layanan Pembuatan SIM di Satlantas Polresta Banyumas Ditutup Pukul 13.00 WIB

Intip Masa Kelam Era Penjajahan di Gua Jepang Perkebunan Teh Kaligua Brebes

Truk berkapasitas 5000 liter ini akan digunakan mendistribusikan air bersih untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan di musim kemarau.

Mobil ini juga bisa digunakan masyarakat untuk menyedekahkan air, lewat cara menyumbang operasionalnya.

"Dana masyarakat yang kami himpun, kami wujudkan dalam bentuk sarana, dan kembali kepada masyarakat dalam bentuk layanan dan pemanfataatanya," kata Dibyo dalam acara.

Dibyo menambahkan, setelah ini, truk tersebut akan dikirim menyalurkan air bersih ke warga Desa Kedungpring, Kecamatan Kemranjen, yang sudah mulai kesulitan air.

Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka mengatakan, pengadaan truk tangki air dari program bulan dana PMI sangat tepat mengingat Banyumas merupakan satu wilayah yang sering terdampak kekeringan saat kemarau.

"Kami turut bangga karena pada 2019, kebetulan, koordiantor penggalangan bulan dana PMI, Polresta Banyumas dan terwujud mobil truk untuk kepentingan masyarakat," imbuhnya.

Tak Terima Ditegur Pakai Celana Pendek, Oknum TNI Ini Perlihatkan Pistol ke Petugas Satgas Covid-19

Berikut Nama 19 Pasangan Bakal Calon Kepala Daerah dari PDI Perjuangan di Pilkada Jateng

Sementara, Kepala BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan, hingga hari ini, ada empat desa di empat kecamatan yang telah mengajukan permohonan penyaluran air bersih.

Keempat desa itu yakni Desa Kaliputih, Kecamatan Purwojati; Desa Banjarparakan, Kecamatan Rawalo; Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen; dan Desa Kedungpring, Kecamatan Kemranjen.

"BPBD baru menyalurkan dua kali, di Desa Kedungpring karena masyarakat sudah siap menyiapkan tempat penampungan. Sementara, untuk desa lain, baru diadakan asesment dan sosialisasi untuk titik-titik penyaluran dan dan penampungan. Kami targetkan, pekan ini penyaluran sudah mulai jalan," katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik adanya pengadaan truk tangki air oleh PMI itu. Menurutnya, keberadaannya akan membantu Pemkab Banyumas dalam mendistribusikan air kepada masyarakat, di musim kemarau.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved