Berita Nasional

Sore Nanti Matahari Akan Berada Tepat di Atas Kabah, Begini Cara Menyempurnakan Kiblat

Hari ini Rabu 17 Mei 2020 pukul 16.18 WIB matahari akan tepat berada di atas Ka'bah. Hal itu disampaikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

Editor: Rival Almanaf
AFP/ABDEL GHANI BASHIR
Suasana di Masjidil Haram dan sekitar Kabah yang tampak sepi, yang dsterilkan pemerintah Arab Saudi guna mengantisipasi penyebaran virus corona. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Hari ini Rabu 17 Mei 2020 pukul 16.18 WIB matahari akan tepat berada di atas Ka'bah.

Hal itu disampaikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Oleh karena itu, waktu tersebut dinilai tepat untuk menyempurnakan arah kiblat masyarakat Indonesia.

Lapan menyebutkan, bertepatan dengan 4 Syawal 1441 Hijriah, Matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah ketika tengah hari pada Kamis, 28 Mei 2020 pukul 12.18 Waktu Saudi atau 9.18 Universal Time.

Selain itu, fenomena Matahari di atas Ka'bah juga akan kembali terjadi pada 16 Juli 2020 mendatang, pukul 12.27 Waktu Saudi atau 9.27 Universal Time.

Gelombang Pasang Terjang Tenda Warung di Pinggir Pantai Setrojenar Kebumen

Kapolri Mutasi Oknum Polisi yang Mengamuk Karena Ditegur Tidak Mengenakan Masker

Sadar Bahayanya Bagi Penerbangan, Warga Serahkan 87 Balon Udara ke Polisi

Viral Warga Usir Pendatang Dengan Mercon Bumbung Begini Kata Ketua RT

Dikutip dari lapan.go.id, Rabu (27/5/2020) bagi wilayah yang dapat menyaksikan Matahari ketika berada tepat di atas Ka’bah, seluruh bayangan benda yang tegak lurus permukaan Bumi akan menghadap ke arah kiblat.

Fenomena ini disebut sebagai Kulminasi Agung atau disebut juga Rasdul Qiblah Global, karena separo wilayah Bumi dapat memanfaatkan momen ini untuk meluruskan arah kiblat.

Rasdul Qiblah secara harfiah bermakna 'meluruskan kiblat'.

Selain Rasdul Qiblah Global, ada juga Rasdul Qiblah Harian atau Lokal yang mana Matahari terletak pada jalur yang menghubungkan Ka’bah dengan tempat tersebut sehingga waktu terjadinya bisa berubah-ubah setiap hari.

Tahun ini, Kulminasi Agung Ka’bah terjadi pada hari Rabu, 27 Mei 2020 pukul 16.18 WIB bertepatan dengan 4 Syawal 1441 Hijriah.

Sementara, Kulminasi Agung Ka’bah kedua terjadi pada hari Rabu, 15 Juli 2020 pukul 16.27 WIB bertepatan dengan 24 Zulqa’dah 1441 Hijriah.

Selain itu, Lapan juga menjelaskan alasan Matahari mengalami dua kali kulminasi di atas Ka’bah.

Hal ini karena sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap orbit Bumi, sehingga mengalami pergerakan semu tahunan yang bervariasi antara 23,4 derajat Lintang Utara pada 21 Juni hingga 23,4 derajat Lintang Selatan pada 21 Desember.

Secara geografis, Ka’bah terletak di 21,42 derajat Lintang Utara dan 39,83 derajat Bujur Timur sehingga ada waktu ketika Matahari terletak di atas Ka’bah ketika tengah hari.

Menentukan kembali  arah kiblat menggunakan Kulminasi Agung tergolong mudah.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Terkait :#Berita Nasional
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved