Breaking News:

Teror Virus Corona

Rumah Sakit Darurat Virus Corona Pulau Galang Resmi Beroperasi, Prioritaskan TKI, Tetap Layani Umum

Rumah Sakit Darurat Virus Corona di Pulau Galang Resmi Beroperasi, Diprioritaskan untuk TKI, tetapi Tetap Layani pasien Umum

Editor: yayan isro roziki
KOMPAS.COM/HADI MAULANA
Operasi Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Virus Corona atau Covid-19 di Pulau Galang atau tepatnya di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali molor, dari yang sebelumnya ditargetkan tanggal 30 Maret 2020 akan tetapi baru tanggal 6 April 2020 mendatang baru bisa operasikan. Hal ini diketahui setelah Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan RS Darurat Corona di Pulau Galang, Rabu (1/4/2020) siang kemarin. 

Para TKI akan ditampung dan dikarantina dulu di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, setelah itu dikembalikan ke kampungnya masing-masing jika dinyatakan sehat.

TRIBUNBANYUMAS.COM, BATAM – Pemerintah secara resmi mengopersikan rumah sakit darurat khusus virus corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (6/4/2020).

Rumah Sakit (RS) Khusus Infeksi Covid-19 ini terletak di Eks Kamp Vietnam, di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang.

Nantinya, RS darurat ini diprioritaskan untuk menangani para tenaga kerja Indonesia (TKI), --baik yang datang dari Malaysia maupun Singapura-- yang baru tiba di Tanah Air.

Namun demikian, RS ini tetap melayani pasien umum atau pasien virus corona rujukan dari rumah sakit lain.

Masker Kain Baiknya Digunakan Maksimal 4 Jam, Lalu Dicuci dan Dikeringkan

Kemenristek BRIN Bentuk Konsorsium Riset Teknologi Penanganan Wabah Virus Corona

Warga di Banyumas yang Tidak Kenakan Masker Didenda Rp20 Ribu, Pemkab Distribusikan 1 Juta Masker

Korbankan Tiga Pemain Juventus Demi Datangkan Kembali Paul Pogba

Para TKI tersebut baik yang datang dari Malaysia serta yang datang dari Singapura.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono meresmikan RS tersebut pada Senin, 6 April 2020.

Ia mengatakan jika RS ini akan dipimpin oleh Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend TNI M Sabrar Fadhilah.

Para TKI akan ditampung dan dikarantina dulu di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, setelah itu dikembalikan ke kampungnya masing-masing jika dinyatakan sehat.

“Jadi selama karantina di sini, jika ada yang sakit bisa langsung dilakukan perawatan di RS Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang ini, bahkan apabila positif Covid-19, juga bisa langung diisolasi di sini,” kata Yugo Margono, melalui keterangan pers ke Kompas.com, Senin.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved