Asam Lambung

Inilah Tips Membuat Gorengan Agar Aman bagi Penderita Asam Lambung

Gorengan diketahui mengandung lemak tinggi yang dapat memicu naiknya asam lambung, dan menyebabkan gejala seperti radang tenggorokan, perut mulas, dll

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
Chan Walrus/PEXELS
Gorengan diketahui mengandung lemak tinggi yang dapat memicu naiknya asam lambung, dan menyebabkan gejala seperti radang tenggorokan, perut mulas, sembelit, nyeri dada, dan lainnya. 

TRIBUNBANYUMAS.COM- Penyakit asam lambung memang dapat menganggu aktivitas sehari-hari, tidak hanya telat makan saja yang dapat memicu asam lambung, konsumsi makanan dan minuman bahkan juga berdampak.

Penderita asam lambung yang sudah kronis memang tidak boleh mengonsumsi makanan penyebab asam lambung meski hanya sedikit terutama makanan gorengan.

Meski mudah ditemukan dan mempunyai rasa yang nikmat, gorengan diketahui mengandung lemak tinggi yang dapat memicu naiknya asam lambung, dan menyebabkan gejala seperti radang tenggorokan, perut mulas, sembelit, nyeri dada, dan lainnya.

Baca juga: Punya Penyakit Asam Lambung. Segera Hindari Mengonsumsi Gorengan

Baca juga: Inilah Beberapa Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun, Salah Satunya Baik untuk Penderita Asam Lambung

Baca juga: Tomat Memiliki Berbagai Manfaat Kesehatan, Namun Penderita Asam Lambung Apa Dapat Memakannya?

Namun adakah cara lain bagi penggemar gorengan agar tetap dapat mengonsumsinya dan terhindari dari penyakit asam lambung? Berikut tipsnya:

1.       Gunakan minyak yang sehat

Saat Anda ingin membuat gorengan, dapat mengganti minyak goreng biasa dengan minyak yag lebih sehat, seperti minyak-zaitun' title=' minyak zaitun'> minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki lemak trans yang sedikit dan paling tahan terhadap oksidasi.

2.       Jangan menggoreng terlalu lama

Menggoreng terlalu lama akan menyebabkan kandungan nutrisi dari makanan tersebut berkurang, namun jumlah kalorinya dan lemak menjadi banyak, sehingga menjadi pemicu asam lambung.

3.       Jangan menggunakan minyak berulang kali

Minyak goreng yang sering dipakai berulang kali mengandung senyawa yang berbahaya, sehingga dapat merusak kandungan dalam makanan dan berdampak buruk bagi kesehatan.

4.       Gunakan tisu sebagai alas makanan yang sudah digoreng

Setelah Anda menggoreng, sebaiknya berilah alas pada piring dengan tisu atau kertas, agar minyak yang ada di dalam makanan tersebut diserap. Dan dapat mengurangi kandungan minyak pada makanan.

5.       Jauhkan minyak dari paparan sinar matahari

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved