Asam Lambung

Tomat Memiliki Berbagai Manfaat Kesehatan, Namun Penderita Asam Lambung Apa Dapat Memakannya?

Tomat juga memiliki kandungan serat, vitamin C, zat besi, kalium, karoten, thiamin, dan  riboflavin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
PIXABAY
Tomat juga memiliki kandungan serat, vitamin C, zat besi, kalium, karoten, thiamin, dan  riboflavin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker 

TRIBUNBANYUMAS.COM- Gejala asam lambung selalu ditandai dengan munculnya sensasi tidak nyaman di tubuh terutama di perut.

Munculnya gejala asam lambung disebabkan oleh banyak hal diantaranya pola makan yang tidak benar, dan mengonsumsi makanan-makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Konon buah tomat merupakan salah satu penyebab naiknya asam lambung. Namun apakah hal ini benar?

Tomat memiliki kandungan Likopen, yang dapat menyehatkan tubuh terutama bagi kesehatan jantung.

Selain itu tomat juga memiliki kandungan serat, vitamin C, zat besi, kalium, karoten, thiamin, dan  riboflavin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker terutama kanker prostat, kesehatan mata, kesehatan kulit, mengatasi diabetes dan lainnya.

Baca juga: Awas Junk Food Bisa Memperparah Gejala Asam Lambung

Baca juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Mengonsumsi Es Krim?

Baca juga: Ubi Jalar, Makanan Berkarbohidrat yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Lambung

Namun tomat memiliki rasa yang asam dan menyebabkan rasa mulas bagi orang yang rentan terhadap asam.

Tomat memiliki dua jenis asam, yaitu malat dan jeruk, jadi jika Anda memiliki lambung yang sensitive dan memiliki riwayat asam lambung sebaiknya hindari konsumsi tomat dalam perut kosong atau dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain itu kandungan asam sirat pada tomat, dapat membuat lambung memproduksi asam berlebih, dan bisa menyebabkan radang tenggorokan, rasa panas di dada atau heartburn, hingga sesak napas.

Naiknya asam lambung akibat mengonsumsi tomat hanya berlaku bagi mereka yang bermasalah dengan lambung yang sensitive dengan kandungan asam. Jika Anda tidak memiliki masalah tersebut bisa mengonsumsinya.

Namun jika Anda ingin mengonsumsi tomat namun memiliki riwayat asam lambung ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari gejala asam lambung akibat makan tomat, diantaranya:

1.    Batasi konsumsi tomat. Untuk mendapatkan manfaat dari tomat, Anda bisa mengonsumsinya 1 buah tomat             matang sehari.

2.    Anda bisa mendapatkan manfaat tomat dengan menjadikan sebagai bumbu masakan.

3.    Konsumsi tomat secara langsung, namun gunakan sebagai makanan penutup. Dengan arti Anda bisa                         mengonsumsi tomat saat kondisi perut sedang penuh.

4.    Pilihlah jenis tomat yang memiliki kandungan asam yang rendah, seperti jenis tomat roma dan tomat san                   marzano. 

Itulah beberapa tips mengonsumsi tomat bagi penderita asam lambung. Selain tomat Anda juga harus menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung, seperti makanan lemak, pedas, soda, kopi, dan alkohol. (ADR)

 

 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved