Asam Lambung

Selain Rasanya Manis dan Enak, Pisang Bisa Dijadikan Obat Asam Lambung

Buah pisang juga mampu menjadi obat untuk mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan dan gejala nyeri akibat naiknya cairan asam ke lambung.

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
Engin Akyrut/PEXELS
Selain rasanya yang enak buah pisang juga mampu menjadi obat untuk mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan dan gejala nyeri akibat naiknya cairan asam lambung. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Pisang merupakan buah yang sangat mudah ditemui di negara beriklim tropis termasuk Indonesia, dan dijual bebas di pasar atau toko-toko.

Selain rasanya yang enak buah pisang juga mampu menjadi obat untuk mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan dan gejala nyeri akibat naiknya cairan asam lambung.

Hal ini dikarenakan pisang memiliki sifat basa dengan kandungan pH 4,5 – 5,2 sehingga dapat menetralkan asam lambung.

Buah ini juga dapat menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan penderita asam lambung, sehingga bermanfaat sekali untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Warna kuning pada kulit pisang juga menandakan bahwa memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga berfungsi untuk meningkatkan produksi lendir di lambung dan mencegah penumpukan asam belebih.

Dengan tekstur buah yang halus ketika dikunyah, pisang juga dapat membantu memperbaiki fungsi lambung, dan membentuk lapisan pelindung untuk mencegah naiknya asam lambung.

Walaupun rasanya manis saat matang, Anda tidak perlu khawatir dengan anggapan buah pisang mempunyai gula tinggi, justru pisang memiliki gula rendah.

Baca juga: Mengenal Kunyit Sebagai Obat Asam Lambung. Seberapa Ampuh?

Buah pisang juga memiliki serat tinggi yang dapat membuat kenyang lebih lama dan tidak membuat Anda makan berlebih.

Anda bisa mengonsumsi pisang secara langsung sebagai camilan sehat atau sarapan sehat demi menjaga kesehatan lambung.

Selain dapat meredakan asam lambung, pisang juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya seperti kesehatan mata, mengontrol gula berlebih, menjaga kesehatan ginjal, dan menstabilkan tekanan darah.

Oleh karena itu, mulailah rutin mengonsumsi pisang secara rutin untuk mendapatkan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan terutama lambung.

Untuk mendapatkan manfaat pisang sebagai obat asam lambung, sebaiknya pilihlah pisang yang sudah matang.

Konsumsi pisang sebagai obat, juga harus didukung dengan menjalankan pola hidup sehat serta menghindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung.

Apabila gejala asam lambung tidak kunjung sembuh sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. (ADR)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved