Berita Jateng

PROFIL HR Soeharto, Pahlawan Nasional dari Klaten, Ikut Kemana Saja Soekarno Bertugas

HR Soeharto adalah dokter Indonesia yang menjadi salah satu pendiri Ikatan Dokter Indonesia.

Editor: Pujiono JS
TRIBUNJOGJA
Foto Dokter Soeharto yang ditampilkan dalam acara Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional DR. dr. H R SOEHARTO Mayor Jendral Kehormatan di Gedung IMERI FKUI Jakarta. Selasa (22/2/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi menyematkan gelar pahlawan nasional kepada HR Soeharto dari Jawa Tengah.

Gelar itu diresmikan lewat Keputusan Presiden RI Nomor 96 TK Tahun 2022. Penyematan gelar dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Menganugerahkan gelar pahlawan nasional dan tanda kehormatan bintang jasa kepada yang namanya tersebut dalam lampiran keputusan ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya," kata Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Laksamana Muda TNI Hersan dalam prosesi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (7/11/2022).

Baca juga: Pemerintah Beri Gelar Pahlawan Nasional pada 5 Tokoh, Ada HR Soeharto dari Jawa Tengah

Siapakah HR Soeharto?

Nama lengkapnya adalah Mayor Jenderal TNI (Tituler) Dr. dr. H. Raden Soeharto Sastrosoeyoso.

Beliau lahir pada 24 Desember 1908 di Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten dan meninggal pada 30 November 2000 di Jakarta pada umur 91 tahun.

HR Soeharto adalah dokter Indonesia yang menjadi salah satu pendiri Ikatan Dokter Indonesia.

Berbagai jabatan menteri pernah disandangnya semasa Soekarno menjadi Presiden Republik Indonesia, yaitu Menteri Muda/Menteri Perindustrian Rakyat, Menteri Perdagangan, Menteri Urusan Penerbitan Bank dan Modal Swasta, dan Menteri Koordinator Urusan Perencanaan Pembangunan Nasional ke-1.

Tidak mengherankan jika HR Soeharto mengikuti perjalanan Presiden ke seluruh pelosok tanah air dan ke berbagai negara di dunia, dan senantiasa diikutsertakan sebagai anggota delegasi yang langsung dipimpin oleh Presiden.

Baca juga: Ganjar Dukung Dokter Pribadi Soekarno, Mayjen Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

Selain itu, HR Soeharto juga memprakarsai berdirinya PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia).

Dengan beragam posisi dalam pemerintahan, jabatan yang paling diingat kebanyakan orang adalah bahwa HR Soeharto merupakan dokter pribadi Presiden Republik Indonesia kala itu, Ir. Soekarno.

Sebelum itu, Dr. Soeharto merupakan salah satu tokoh bangsa yang menggagas berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada 24 Oktober 1950.

Dokter dengan paras wajah menyejukkan itu lahir pada tahun 1908.

Beliau menikah dengan seorang penulis sekaligus guru bernama Sinta Kaliente Tedjasukmana.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved