Berita Jateng

14 Kecamatan di Jateng Tak Punyak Polsek, Polsubsektor Jadi Gantinya, Apa Bedanya?

Oleh karena itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi meresmikan 14 Polsubsektor di kecamatan yang tidak memiliki Polsek tersebut.

ist/dok polda jateng
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi resmikan 14 Polsubsektor baru di Jawa Tengah, Selasa (4/10/2022). Peresmian dilakukan secara simbolik di Polsubsektor Kandeman Batang. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BATANG - 14 kecamatan di Jawa Tengah tidak memiliki Polsek atau Kepolisian Sektor.

Oleh karena itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi meresmikan 14 Polsubsektor di kecamatan yang tidak memiliki Polsek tersebut.

Lalu, apa perbedaan Polsek dan Polsubsektor?

Biasanya, dalam satu kecamatan terdapat satu kantor Polsek, namun di Jawa Tengah ada 14 yang belum terdapat Polsek, sehingga penegakan hukum di wilayah tersebut digabung dengan kecamatan lain yang terdekat.

Baca juga: Polda Jateng Turunkan Tim Selidik Kecelakaan Beruntun di Tol Brebes, Termasuk Pelaku Pembakar Rumput

Sehingga memungkinkan satu Polsek membawahi dua kecamatan.

Misalnya di Kabupaten Pati, permasalahan hukum yang terjadi di dua kecamatan yakni Wedarijaksa dan Trangkil ditangani Polsek Wedarijaksa.

Kapolda mengatakan, sejumlah Polsubsektor baru tersebut merupakan kebutuhan dimana saat ini jumlah Polsek yang ada belum mencakup jumlah kecamatan di provinsi Jawa Tengah.

"Di Jawa tengah ada 576 wilayah kecamatan, namun yang ada Polsek-nya baru 553," ujarnya usai peresmian secara simbolis di Polsubsektor Kandeman Batang, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Polda Jateng Optimistis Berhasil Mengungkap Pembunuh Pegawai Bapenda Semarang meski Alat Bukti Minim

Menurutnya, usulan kebutuhan tambahan Polsek di Jawa tengah sudah diajukan ke Kemenpan RB dan Kapolri.

Namun usulan tersebut baru disetujui 14 Polsubsektor.

"Masing-masing Polsubsektor ini nantinya secara bertahap akan berubah menjadi Polsek, tentunya setelah melalui beberapa pengkajian," jelasnya.

14 Polsubsktor baru di Jateng diantaranya Polsubsektor Ungaran Timur Polres Semarang, Polsubsektor Bancak Polres Semarang, Polsubsektor Trangkil Polres Pati, Polsubsektor Tamansari Polres Boyolali, Polsubsektor Gladagsari Polres Boyolali, Polsubsektor Wonosamudro Polres Boyolali, Polsubsektor Kampung laut Polres Cilacap.

Kemudian Polsubsektor Klaten Selatan Polres Klaten, Polsubsektor Ngawen Polres Klaten, Polsubsektor Kledung Polres Temanggung, Polsubsektor Gemawang Polres Temanggung, Polsubsektor Kalibawang Polres Wonosobo, Polsubsektor Pecalungan Polres Batang dan Polsubsektor Kandeman Polres Batang.

Baca juga: Sejak Harga BBM Naik, Polda Jateng Catat Terjadi 58 Aksi Demo Diikuti 10.202 Orang

Berdasarkan Peraturan Kapolri atau Perkap Nomor 2 Tahun 2021 Pasal 1 Angka 9 tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pada Tingkat Kepolisian Resor Dan Kepolisian Sektor, Kepolisian Subsektor (Polsubsektor) adalah unsur pelaksana tugas kewilayahan di wilayah tertentu pada tingkat Polsek yang berada di bawah Kapolsek.

Kapolda menuturkan, sejumlah Polsubsektor baru merupakan upaya  memaksimalkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.

Dirinya mengharap anggota Polri yang bertugas mempunyai semangat baru untuk menjadi garda terdepan dalam membina harkamtibmas kepada masyarakat

"Harapannya, dengan hadirnya Polsubsektor baru, polisi lebih baik dalam memberikan pelayanan dan menjadi lebih dekat dengan masyarakat.

Polri besar kecilnya tergantung dari masyarakat yang dilayani," tandasnya. (*)

Baca juga: Tunggu Surat Penetapan Tersangka dari Polda Jateng, Bupati Pemalang Mulai Siapkan Plh Sekda

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved