Berita Banyumas

Mengenal Dusun Plandi Banyumas: Berjuluk Dusun Buddha, Banyak Warganya Lulusan S2 dan S3

Dusun Plandi atau Dusun Buddha di Banyumas, sangat istimewa. Selain menjadi Desa Mandiri, banyak warganya lulusan S2 dan S3.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/IMAH MASITOH
Vihara Graha Bhavana di Dusun Plandi, Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Selasa (13/9/2022). Dusun Plandi mendapat julukan Dusun Buddha lantaran mayoritas warganya beragam Buddha. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS - Di tengah hutan belantara milik perhutani di wilayah Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, ada sebuah dusun istimewa yang dikenal warga sekitar sebagai Dusun Buddha.

Seperti julukannya, mayoritas warga di dusun ini beragama Buddha.

Secara resmi, dusun ini memiliki nama Dusun Plandi.

Memiliki luas sekitar tujuh hektare, Dusun Plandi berada di perbatasan wilayah Banyumas, Banjarnegara, dan Kebumen.

Tak mudah untuk mencapai dusun ini. Jalan yang harus dilalui naik, turun, dan berkelok, dan hampir tak ada penerangan saat malam hari.

Jalur menuju dusun ini dinaungi hutan pinus yang ada di kanan dan kiri jalan.

Suasana jalan setapak masuk Dusun Plandi, Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Selasa (13/9/2022). Dusun Plandi disebut juga sebagai Dusun Buddha lantaran mayoritas penduduknya beragam Buddha.
Suasana jalan setapak masuk Dusun Plandi, Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Selasa (13/9/2022). Dusun Plandi disebut juga sebagai Dusun Buddha lantaran mayoritas penduduknya beragam Buddha. (TRIBUNBANYUMAS/IMAH MASITOH)

Cerita warga, letak Dusun Plandi yang terpencil membuatnya menjadi tempat persembunyian para tentara saat zaman penjajahan.

Ketua Vihara Dusun Plandi, Tukiran mengungkapkan, Dusun Plandi dibangun Mbah Sawitanom. Awalnya, Mbah Sawitanom tinggal bersama istri dan lima anaknya.

Seiring berjalannya waktu, penduduk Dusun Plandi bertambah. Selain dari keluarga Mbah Sawitanom yang berkembang, ada juga warga dari luar yang datang ke dusun tersebut.

Baca juga: Toleransi di Aribaya Banjarnegara: Giliran Muslim Berjaga di Wihara saat Umat Buddha Ibadah Waisak

Baca juga: Mengenal Pindapata, Tradisi Kuno Umat Buddha Turut Menyokong Kehidupan Biku Menjelang Waisak

Tukiran mengatakan, mayoritas penduduk Dusun Plandi beragam Buddha. Agama ini masuk ke Dusun Plandi karena menantu Mbah Sawitanom, Darmo Suwito, asal Kebumen.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved