Berita Cilacap

Sempat Tertutup Longsor, Jalan Penghubung Majingklak-Palugon Cilacap Kini Bisa Dilalui Kendaraan

Jalan penghubung Desa Majingklak-Palugon di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, mulai bisa dilewati kendaraan.

ISTIMEWA/BPBD CILACAP
Jalan penghubung Majingklak-Palugon di Desa Tambaksari, Wanareja, Cilacap, yang sempat tertutup longsor, kini mulai bisa dilewati lagi kendaraan, Selasa (13/9/2022). Longsor sempat menutup jalan tersebut sejak Sabtu (10/9/2022) 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Jalan penghubung Desa Majingklak-Palugon di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, kini bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat lagi.

Akses jalan tersebut sempat terputus akibat longsor yang terjadi, Sabtu (10/9/2022).

Kepala Pelaksana Harian Cilacap'>BPBD  Cilacap Widjonardi mengatakan, ruas jalan kabupaten tersebut sudah dapat dilalui kendaraan sejak Senin (12/9/2022) dini hari.

Evakuasi material longsor sempat terganggu akibat hujan deras yang kembali mengguyur wilayah tersebut pada Minggu (11/9/2022) sore.

"Setelah longsor menutup jalan pada Sabtu sore, hari Minggu, kami langsung turun membersihkan material longsor. Awalnya, kami membersihkan material secara manual lewawt kerja bakti bersama warga sekitar. Kemudian, sore hari, datang alat berat," jelasnya kepada Tribunbanyumas.com, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Jalan Penghubung Majingklak-Palugon Cilacap Putus Tertutup Longsor, Evakuasi Terganggu Hujan

Baca juga: Diguyur Hujan Deras 6 Jam, Tebing di Sumpinghayu dan Wanareja Cilacap Longsor. 2 Rumah Rusak

Namun, ketika alat berat sudah didatangkan, tiba-tiba, hujan deras kembali mengguyur wilayah itu.

Beruntung, tidak terjadi longsor susulan sehingga evakuasi material longsor bisa dilanjutkan saat hujan reda.

Akibat dari bencana longsor tersebut, mobilitas warga di tiga desa di Kecamatan Wanareja, yakni Desa Palugon, Jambu, dan Cigintung, sempat terganggu.

Warga yang hendak menuju Wanareja, harus memutar menggunakan jalur alternatif melalui wilayah Kecamatan Dayeuhluhur, dengan tambahan jarak tempuh sejauh 20 kilometer.

Menurut Widjonardi, selain di jalan penghubung Majingklak-Palugon, petugas juga sudah membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved