Kuliner Purbalingga

Sate Blater Pak Indra Khas Purbalingga, Sudah Berdiri dari Tahun 1990

Di Purbalingga sudah banyak warung sate kambing maupun ayam, namun ada salah satu warung sate legendaris, yaitu Sate Blater Pak Indra.

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
GOOGLE REVIEW
Di Purbalingga sudah banyak warung sate kambing maupun ayam, namun terdapat salah satu warung sate legendaris, yaitu Sate Blater Pak Indra. 

TRIBUNBANYUMAS.COM-Mungkin di Purbalingga sudah banyak warung sate kambing maupun ayam, namun terdapat salah satu warung sate legendaris, yaitu Sate Blater Pak Indra.

Sate Blater Pak Indra sudah berdiri pada tahun 1990 hingga saat ini dan tetap mempertahankan resep dari generasi ke generasi berikutnya.

Baca juga: Taman Wisata Sentana Sumpiuh Banyumas, Kolam Renang di Pegunungan, Ada Sate Sepanjang 1,5 Meter

Baca juga: Video Sate Bebek Panjang Setengah Meter di Banyumas Cuma Rp 25 Ribu

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Sate Kere, Olahan Sate yang Tidak Biasa

Lokasinya warung ini terletak di dekat Alun-alun Purbalingga, tepatnya di Jalan Kapten Sarengat Nomor 11A, Purbalingga Jawa tengah, dan mudah ditemukan karena dari jalan raya sudah terpampang spanduk Sate Khas Blater Pak Indra.

Berdasarkan video Youtube Isan Cungkring disebut Sate Blater karena dulu sate yang terkenal enak khas di Purbalingga  ada di Desa Blater, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga dan cukup jauh dari kota. Namun, orang percaya bahwa ada peraturan bahwa orang Blater tidak boleh jualan sate di luar desa Blater.

Sate Blater
Sate Blater Pak Indra di Purbalingga, Jawa Tengah

“Awalnya, keputusan untuk berjualan banyak yang menentang bahkan keluarga pun juga khawatir kalau keaslian sate Blater nantinya akan hilang dan punah. Namun, dengan usaha akhirnya bisa jualan disini sampai sekarang” ungkap Pak Indra di video tersebut.

Baca juga: Nenek Penjual Sate di Dieng Ini Tunggui Pembeli Makan Meski Sudah Dibayar, Alasannya Bikin Tertegun

Baca juga: Bakmi Anglo Pak Trisno, Kuliner Legendaris yang Lezat di Cilacap Berusia 48 tahun

Baca juga: Kuliner Legendaris Dekat Alun-alun Purbalingga, Tahu Gecot Pak Imoeh. Bisa Pesan Kematangan Tahu

Berkat kegigihan Pak Indra, ia dapat berjualan di tengah kota Purbalingga, dan dia bisa sukses berjualan sate. Dan saat ini menjadi salah satu kuliner legendaris khas Purbalingga. Bahkan banyak yang menjadikan contoh sehingga banyak penjual sate khas Blater yang berani keluar desanya dan membuka atau warung makan di tempat lain. 

Dikutip dari sebuah blog dengan nama trevelingku.net Sate Ayam racikan Pak Indra ini memang mempunyai keunikan tersendiri.

Sate Blater Pak Indra Pbg
Sate Blater Pak Indra di Purbalingga, Jawa Tengah

Tak heran, selalu ramai pengunjung terlebih ketika jelang makan siang. Dengan berciri khas lebih ke manis. Bumbu dan kecap meresap ke daging ayamnya dengan sempurna. Karena proses membuat sate Blater ini tak sebentar.

Sebelum dibakar, daging ayamnya itu dimasuk dulu dengan bumbu rahasia. Setelah dimasak, dicelupin lagi ke bumbu, lalu dibakar atas arang.

Proses yang cukup lama ini, menggunakan daging ayam yang sudah cukup umur, sehingga pada saat dimasak, dagingnya tidak terlalu menyusut, tak heran, Sate Blater Pak Indra ini bisa awet hingga 3 hari.

Baca juga: Kuliner Unik Banyumas: Mendoan Ghosting Sawangan Purwokerto. Ada Isian, Dijamin Tak Bikin Sakit Hati

Baca juga: 6 Kuliner Populer Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Purbalingga, Ada Soto hingga Gulai

Baca juga: Kuliner Khas Italia yang Dijajakan Gerobak di Pekalongan Laris Setelah Ikut Lapak Ganjar

 “Ini pertama kalinya saya menikmati sate ayam di Purbalingga. Yang istimewa dari sate ini adalah ayamnya yang direndam dalam bumbu selama beberapa waktu sebelum dipanggang. Rasa ayamnya setelah direndam manis  sesuai lidahku. Daging ayamnya dipotong besar dan harganya bersahabat” tulis ulasan pengunjung di Google review Mr. Zee

Untuk harga seporsi yang berisi 10 tusuk sate ayam hanya Rp 18.000 sudah termasuk lontong. Warung ini buka tiap hari pada pukul 09.00 – 21.00 WIB.

ADR

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved