Berita Kendal

Pedagang di Kendal Mulai Resah. Dua Pekan, Harga Bawang Merah dan Cabai Tak Kunjung Turun

Pedagang di Pasar Kota Kendal mengeluhkan harga bawang merah, cabai, dan kol yang masih tinggi.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/SAIFUL MA'SUM
Pedagang sembako dan bumbu dapur di Pasar Kota Kendal melayani pembeli, Selasa (19/7/2022). Pedagang mulai resah lantaran dua pekan terakhir, harga bawang merah, cabai , dan kol tak kunjung turun. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KENDAL - Pedagang di Pasar Kota Kendal mengeluhkan harga bawang merah, cabai, dan kol yang masih tinggi.

Pedagang mulai resah lantaran kenaikan harga terjadi sejak dua pekan terakhir dan tak menunjukkan tanda-tanda bakal turun harga.

Pedagang sembako di Pasar Kota Kendal Jannah mengatakan, harga jual tertinggi pada komoditi cabai terjadi pada cabai teropong dan cabai keriting merah.

Selasa (19/7/2022), harga cabai teropong masih dibanderol Rp 90.000 per kilogram. Sedangkan cabai keriting merah dijual Rp 75.000 per kilogram.

Baca juga: Harga Cabai Merah Besar di Pasar Kendal Bertahan Tinggi, Tembus Rp 90 Ribu Per Kilogram

Baca juga: Capaian Vaksinasi Booster Kendal Baru 21 Persen, Dinkes: Susah Menggerakkan Masyarakat

Padahal, katanya, kedua jenis cabai itu biasa dijual Rp 60.000 per kilogram, untuk cabai teropong, dan Rp 30.000, untuk cabai keriting merah.

Kenaikan harga keduanya makin menjadi sejak Hari Raya Iduladha.

"Yang paling tinggi, sekarang, cabai teropong dan keriting merah. Kalau cabai rawit merah (cabai galak) sudah turun, sekarang Rp 65.000 per kilogram," terangnya, Selasa.

Kenaikan harga ini membuat pembeli beralih ke cabai rawit hijau dan cabai rawit putih, dengan harga yang lebih ekonomis, Rp 30.000 per kilogram.

Meskipun dua jenis cabai tersebut dirasa tidak terlalu pedas.

Kenaikan harga komoditi cabai juga diikuti kenaikan harga sejumlah bahan pokok lain, di antaranya telur ayam, juga bumbu dapur bawang merah, dan sayuran, kol.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved