Berita Cilacap

Kunjungi Cilacap, Dubes Denmark untuk Indonesia Cek Pengolahan Sampah Sistem RDF di PT SBI

Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia HE Lars Bo Larsen berkunjung ke PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Cilacap, Sabtu (4/6/2022).

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK Humas SBI
Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia HE Lars Bo Larsen kunjungi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Pabrik Cilacap, Sabtu (4/6/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia HE Lars Bo Larsen bersama Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto berkunjung ke PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Cilacap, Sabtu (4/6/2022).

Kunjungan ini sebagai bentuk kerjasama strategis dalam proyek pengelolaan sampah yang telah terjalin antara SBI dengan Kedutaan Besar Kerajaan Denmark, sejak tahun 2013 silam.

PT SBI merupakan nit usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Kunjungan tersebut diterima oleh Direktur Utama SBI Lilik Unggul Raharjo dan Direktur Manufacturing SBI Soni Asrul Sani.

Selain peningkatan hubungan bilateral kedua negara, kunjungan kali ini juga bertujuan meninjau kembali teknologi RDF dalam pengelolaan sampah menjadi alternatif bahan bakar dan bahan baku.

Selain itu, ditinjau pula manfaatnya dari aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Baca juga: Pemkab Cilacap dan 2 Perusahaan Lanjutkan Kerja Sama Pengolahan Sampah Sistem RDF di TPA Jeruk Legi

Baca juga: Tempat Pengolahan Sampah RDF Cilacap Menunjukkan Hasil, Sediakan Bahan Bakar untuk Pabrik Semen

Baca juga: Curi Kucing Ras, Ibu dan Anak di Cilacap Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Baca juga: Berminat Masuk SMP di Cilacap? Cek Daftar SMP Terbaik di Kota Bercahaya

Duta Besar Denmark HE Lars Bo Larsen menyampaikan, Denmark mendukung keberadaan fasilitas RDF di Cilacap untuk mempercepat transisi hijau di Indonesia.

Hal itu diyakini akan membawa banyak peluang dan menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan.

"Denmark juga berminat berinvestasi pada proyek-proyek energi terbarukan, khususnya pengolahan sampah menjadi energi."

"Fasilitas percontohan di Cilacap ini telah menunjukkan teknologi yang teruji dan memberi banyak pelajaran penting untuk menarik pendanaan bagi replikasi di daerah lain," katanya dalam rilis yang diterima, Minggu (5/6/2022).

Teknologi Refuse-Derived Fuel (RDF) adalah upaya pengelolaan sampah berkelanjutan yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2.

Setelah diresmikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada 21 Juli 2020, saat ini, fasilitas RDF telah beroperasi penuh dengan kapasitas 12.0150 ton sampah per hari.

Fasilitas pengolahan sampah domestik terpadu yang pertama di Indonesia ini merupakan milik Pemerintah Kabupaten Cilacap, atas dana hibah dari Pemerintah Kerajaan Denmark melalui program ESP3.

Proyek ini didukung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta SBI yang ditunjuk sebagai operator.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved