Berita Purbalingga

Limbasari Purbalingga Punya Tempat Wisata Baru. Diber Nama Madep Gunung, Berkonsep Rest Area

Pemerintah Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, membuat tempat wisata baru berkonsep rest area yang dinamai 'Madep Gunung'.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS PEMKAB PURBALINGGA
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Agus Winarno saat meresmikan tempat wisata Madep Gunung berkonsep rest area di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (26/3/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, membuat tempat wisata baru berkonsep rest area yang dinamai 'Madep Gunung' di kompleks depan Kantor Balai Desa.

Rest area ini diresmikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Agus Winarno yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng, Sabtu (26/3/2022).

Kepala Desa Limbasari Halimah mengatakan, rest area ini terwujud berkat Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 2021 Pemprov Jateng senilai Rp 500 juta.

Bantuan tersebut memang ditujukan bagi pengembangan desa wisata di Jateng.

Halimah mengatakan, Madep Gunung menyajikan tempat istirahat dan aneka produk UMKM lokal, termasuk produk khas berupa batik Limbasari, kopi, aneka kuliner nasi rempah, dan olahan belut.

Baca juga: Satpol PP Purbalingga Sita 161 Botol Miras, Diamankan dari Lima Lokasi saat Razia Pekat

Baca juga: Pura-pura Tanya Pakaian, Sopir Angkutan di Purbalingga Gasak Ponsel di Tempat Penatu

Baca juga: Polres Purbalingga Bagikan BLT Kepada 6000 PKL dan Nelayan, Setiap Orang Terima Rp 600 Ribu

Baca juga: Berikut Ini Titik Jalan Berlubang yang Harus Diwaspadai di Purbalingga

Seperti namanya, Madep Gunung, rest area ini menghadap ke Gunung Slamet dan Bukit Plana.

Sehingga, pengunjung dapat menikmati hamparan perbukitan tersebut sambil beristirahat atau menikmati kuliner.

Menurut Halimah, rest area ini juga berfungsi sebagai tempat transit bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata lain di Limbasari.

"Desa Limbasari memiliki beberapa ikon wisata, misalnya wisata alam Patrawisa, pertapaan atau petilasan Tunggul Wulung, wisata air arung jeram atau river tubing di aliran Sungai Tungtunggunung."

"Selain itu, ada situs purbakala produksi gelang batu, air terjun Uncang-uncang di Gunung Plana, dan juga ada cerita rakyat makam Putri Ayu Limbasari dan Samingah Wised milik putera Desa Limbasari," jelasnya dalam rilis yang diterima, Minggu (27/3/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved