Breaking News:

Berita Banyumas

Selamat! Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Banyumas Dinyatakan Tinggi Versi Ombudsman Jateng

Pemerintah Kabupaten Banyumas berhasil meraih penghargaan dalam penilaian daftar zonasi hijau predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Dok Pemkab Banyumas
Kepala Ombudsman Perwakilan Jateng Siti Farida menyerahkan Penghargaan Pelayanan Kepatuhan Tinggi kepada Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono, di Hotel Grand Edge Semarang, Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Pemerintah Kabupaten Banyumas berhasil meraih penghargaan dalam penilaian daftar zonasi hijau predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik tahun 2021.

Penghargaan diserahkan Kepala Ombudsman Perwakilan Jateng Siti Farida kepada Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono, di Hotel Grand Edge Semarang, Kamis (13/1/2022).

Kepala Ombudsman Perwakilan Jateng Siti Farida mengatakan, penilaian kepatuhan publik yang menjadi basis pemberian penghargaan ini merupakan satu-satunya mandat prioritas nasional dalam RPJMN tahun 2020-2024.

"Harus kita lihat bahwa penilaian kepatuhan ini sebagai instrumen strategis di dalam penilaian capaian kinerja pelayanan publik dalam pembangunan," ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis.

Baca juga: Ditemukan Tergeletak di Sawah. Saat Didekati, Warga Banyumas Ini Ternyata Sudah Meninggal

Baca juga: Aliansi Masyarakat Banyumas Peduli Budaya Gelar Ritual Sesaji, Kecam Kejadian di Gunung Semeru

Baca juga: Mencuri di Kendai Kopi, Pemuda asal Sumbang Banyumas Gasak Cincin Emas, Uang Tunai, dan Ponsel

Baca juga: Truk Boks Terjun ke Sungai di Rawalo Banyumas, Sempat Tabrak Dua Mobil dan Satu Motor

Menurut Siti, penilaian ini dilakukan dengan tujuan perbaikan dan penyempurnaan kebijakan pelayanan publik dalam rangka mencegah maladministrasi.

"Penilaian kepatuhan dilaksanakan berasaskan kepada integritas kepatuhan keadilan nondiskriminasi tidak memihak akuntabilitas keseimbangan, keterbukaan dan kerahasiaan," jelas Siti.

Penilaian kepatuhan dikategorikan kedalam tiga zonasi, yaitu zonasi hijau dengan predikat kepatuhan tinggi, zonasi kuning dengan predikat kepatuhan sedang, dan zonasi merah dengan predikat kepatuhan rendah.

Kabupaten Banyumas berhasil masuk daftar zonasi hijau kepatuhan standar pelayanan publik di Indonesia dengan nilai kepatuhan sebesar 82,15.

Sedangkan empat kabupaten/kota lain di Jawa Tengah yang juga masuk daftar zonasi hijau yaitu Kota Tegal, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Sukoharjo.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku bersyukur karena jerih payah jajaran Pemkab Banyumas dalam melayani warga mendapat apresiasi dari Ombudsman Republik Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved