Breaking News:

Berita Nasional

Kabarkan Kondisi Terkini Pascaoperasi, SBY: Alhamdulillah, Operasi Pengangkatan Prostat Lancar

Kabar baik datang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY mengabarkan, operasi besar pengangkatan prostat yang dijalani berjalan lancar.

Editor: rika irawati
KOMPAS.COM/INSTAGRAM/@aniyudhoyono
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono menyelesaikan karya lukisan terbarunya, I Understand More the Meaning of Life. Kegiatan melukis SBY itu diunggah di akun Instagram milik almarhumah istrinya, @aniyudhoyono. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Kabar baik datang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden keenam RI itu mengabarkan, operasi besar pengangkatan prostat yang dijalani berjalan lancar.

Lewat unggahan di Instagram @aniyudhoyono, SBY mengatakan, operasai berlangsung di Mayo Clinics, Rochester, Amerika Serikat.

Saat ini, kondisi SBY pascaoperasi juga terus membaik.

"Dengan pertolongan Tuhan Yang Mahakuasa Allah SWT, serta doa dari saudara-saudara masyarakat Indonesia, alhamdulillah, saya telah menjalani tindakan medis operasi besar, major operations, untuk mengangkat prostat saya yang di dalamnya ada sel-sel kanker," kata SBY dalam video yang diunggah, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: SBY Minta Doa: Didiagnosa Terkena Kanker Prostat, Akan Berobat ke Luar Negeri

Baca juga: Jalani Perawatan Kanker Prostat di AS, SBY Didampingi Tim Dokter Kepresidenan

Baca juga: Curhatan SBY Berbentuk Lagu Sudah Rampung, Anji: Ini Karya Sakral dan Penuh Emosi

"Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan ekspektasi, baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinics dan tentunya harapan saya sendiri," ujar SBY.

SBY menuturkan, saat ini, ia masih menjalani pemulihan setelah operasi besar tersebut.

Sejauh ini, tim dokter menilai, kondisi kesehatannya sesuai perkiraan.

"Pascatindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya," kata SBY.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu pun menjelaskan, operasi besar yang ia jalani memiliki sejumlah risiko, terlebih di usianya yang ke-72 tahun membuat risiko itu bertambah besar.

Keputusan untuk melakukan operasi diambil setelah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, khususnya tim dokter kepresidenan, yang menyatakan bahwa tindakan operasi merupakan tindakan yang palling tepat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved