Breaking News:

Berita Jawa Tengah

Satu Set Gamelan Milik Ki Manteb Ada di Pendopo Rumdin Bupati Karanganyar, Berikut Ceritanya

Gamelan itu dikirim oleh pihak keluarga dari Sanggar Bima Doplang Kecamatan Karangpandan ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: deni setiawan
TRIBUN BANYUMAS/AGUS ISWADI
Seorang pekerja membersihkan tempat yang dijadikan untuk menyimpan gamelan milik Ki Manteb Soedharsono di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (9/11/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KARANGANYAR - Satu set gamelan milik almarhum dalang kondang Ki Manteb Soedharsono disimpan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Gamelan itu telah berada di pendopo rumah dinas sejak Minggu (7/11/2021) atau sebelum dipentaskannya pagelaran wayang kulit virtual di lima titik dalam rangka menyongsong HUT ke-104 Karanganyar sekaligus Hari Wayang Nasional.

Gamelan itu dikirim oleh pihak keluarga dari Sanggar Bima Doplang Kecamatan Karangpandan ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Baca juga: Laga Persika Karanganyar Vs ISP Purworejo Dihentikan, Stadion Moch Soebroto Tergenang Air

Baca juga: Sandika Ditemukan Tewas di Hari Kedua Pencarian, Hanyut di Sungai Gembong Karanganyar saat Mancing

Baca juga: Tiga Pendaki Gunung Lawu Dievakuasi ke Pos Cemoro Kandang Karanganyar, Alami Keseleo dan Hipotermia

Baca juga: Air Bah Tiba-tiba Datang, 6 Pemancing di Sungai Gembong Karanganyar Terseret Arus. Satu Masih Hilang

Dari pantauan Tribunbanyumas.com, Selasa (9/11/2021), terlihat gamelan milik dalang berjuluk Dalang Setan itu telah tertata rapi mulai dari saron, rebab, bonang, gong, kempul, kendang, suling, demung, gender, dan gambang. 

Ki Danang Suseno atau putra dari Ki Manteb menyampaikan, pesan Ki Manteb sebelum wafat menginginkan gamelan itu disimpan Pemkab Karanganyar.

"Dulu, Hari Wayang pokoknya gamelan itu diboyong dan almarhum (Ki Manteb) beliau yang dalang."

"Gamelan itu nanti ditinggal buat sejarah Kabupaten Karanganyar," katanya kepada Tribunbanyumas.com, Selasa (9/11/2021). 

Hingga akhirnya gamelan tersebut diserahkan oleh pihak keluarga kepada Pemkab Karanganyar bertepatan dengan peringatan Hari Wayang Nasional tahun ini.

Dia menceritakan, gamelan tersebut dulunya sering digunakan dalam pagelaran wayang kulit untuk memeriahkan HUT Kabupaten Karanganyar dan peringatan Hari Wayang Nasional.

Lanjutnya, tidak ada nama khusus bagi gamelan itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved