Breaking News:

Berita Kebumen Hari Ini

Ini Rincian Data APBD Perubahan 2021 Kabupaten Kebumen, Tahun Ini Pendapatan Dipastikan Menurun

Bupati Arif menyampaikan, perubahan APBD Kebumen yang telah ditetapkan oleh DPRD sudah disesuaikan dengan alokasi dana transfer dari Pemerintah Pusat.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: deni setiawan
PEMKAB KEBUMEN
Penetapan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 Kabupaten Kebumen dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen, Jumat (8/10/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KEBUMEN - Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menghadiri Rapat Paripurna DPRD yang membahas penetapan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, Jumat (8/10/2021).

Bupati Arif menyampaikan, perubahan APBD Kebumen yang telah ditetapkan oleh DPRD sudah disesuaikan dengan alokasi dana transfer dari Pemerintah Pusat.

Pendapatan Daerah pada APBD Perubahan turun 0,46 persen dari semula Rp 2,75 triliun menjadi Rp 2,73 triliun.

Baca juga: Suryani Kaget Berlipat Ganda, Rumahnya Didatangi Bupati Kebumen, Izin Masuk Dapur Bikin Nasi Goreng

Baca juga: Pencarian Nelayan di Pantai Sumberjati Kebumen Dihentikan, Korban Terakhir Ditemukan di Hari Kelima

Baca juga: Gelar Operasi Yustisi, Polsek Sadang Kebumen Jaring Pelajar Belum Cukup Umur Naik Motor

Baca juga: Ngadu ke Bupati, IDI Kebumen Menduga Ada Dokter yang Khusus Berburu Pasien BPJS

Kontribusi terbesar dari penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di APBD Perubahan ini, lanjut Bupati, masih bersumber dari Lain-lain Pendapatan yang Sah semisal apendapatan dari BLUD, dengan prosentase mencapai 63,01 persen.

Sedangkan sisanya bersumber dari Pajak Daerah (25,45 persen), Retribusi Daerah (7,39 persen), dan dari Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan (4,15 persen).

"Adapun Belanja Daerah pada APBD Perubahan ini dialokasikan untuk Bidang Pendidikan 33,61 persen, Bidang Kesehatan 21,58 persen, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 5,14 persen."

"Pelayanan Kawasan Permukiman 0,19 persen, Trantib Linmas 0,87 persen dan untuk Bidang Sosial sebesar 0,73 persen,” ungkapnya kepada Tribunbanyumas.com, Jumat (8/10/2021). 

Dalam Perubahan APBD, tutur Bupati, juga telah termuat alokasi Perubahan pendapatan dan Perubahan belanja, untuk Pendapatan Asli Daerah.

Meliputi Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan, serta lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang dihitung sesuai potensi. 

Sedangkan pendapatan dari Pemerintah Pusat mendasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 dalam rangka mendukung penanganan Covid-19 dan dampaknya. 

Adapun alokasi belanja, kegiatan yang akan dibiayai mengacu pada mekanisme perencanaan pembangunan yang berlaku, dan disesuaikan dengan ketersediaan sumber daya yang ada. 

Adapun pendapatan dari provinsi mendasarkan pada Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor 900/0012916 perihal Penyampaian Draft Alokasi Bantuan Keuangan kepada Kabupaten/Kota Perubahan APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2021.

Bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Tengah untuk Kabupaten Kebumen semula pada APBD murni sebesar  Rp 12.373.000.000 berkurang Rp 330.000.000 menjadi Rp 12.043.000.000. 

Selanjutnya disesuaikan dalam pendapatan dan belanja pada Perda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 dan Perbup Penjabaran Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. 

"Diharapkan, dengan telah ditetapkannya Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kebumen pada sisa tahun anggaran 2021 berjalan lancar, tertib dan terkendali," katanya. (*)

Baca juga: Bocah 7 Tahun Diduga Diperkosa di Stadion Mini Purwokerto, Polresta Banyumas Dalami Kasus

Baca juga: Rektor Unsoed Purwokerto: PTM Mulai Pekan Ketiga Oktober 2021, Diawali Mahasiswa Asal Banyumas Raya

Baca juga: Hanya Pakai Celana Dalam, Pemilik Motor yang Hilang di Tumanggal Purbalingga Ditemukan di Hutan

Baca juga: Dapat Pendampingan, 65 IKM dan UMKM di Purbalingga Dilatih Soal Branding Produk

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved