Breaking News:

Berita Jateng

Asrama Haji Donohudan Dialihfungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid, Ditarget Operasi 2 Agustus

Asrama Haji Donohudan ditargetkan bisa digunakan melayani pasien Covid-19, 2 Agustus 2021.

Editor: rika irawati
KOMPAS.COM/Kementerian PUPR
Salah satu ruangan di Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang akan dialihfungsikan sebagai bangsal pasien. Asrama Haji Donohudan disulap sebagai rumah sakit Covid-19 untuk melayani pasien di wilayah Solo Raya. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Asrama Haji Donohudan ditargetkan bisa digunakan melayani pasien Covid-19, 2 Agustus 2021.

Saat ini, pengerjaan penambahan fasilitas alih fungsi asrama haji sebagai rumah sakit darurat Covid-19 masih terus dikerjakan.

"Mudah-mudahan, 31 Juli 2021 sudah selesai semua dan Alat Kesehatan (Alkes) masuk sehingga 2 Agustus 2021 besok sudah bisa dioperasikan," kata Menteri Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Asrama Haji Donohudan dialihfungsikan menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang bagi masyarakat Solo Raya, termasuk Solo, Boyolali, Sragen, dan Klaten.

Kementerian PUPR sedang menyiapkan Gedung Madinah Asrama Haji Donohudan untuk fasilitas isolasi dan treatment pasien COVID-19 berkapasitas 352 Tempat Tidur (TT) yang terdiri dari 344 TT Perawatan dan 8 TT High Care Unit (HCU) dengan melibatkan sebanyak 128 pekerja.

Basuki menilai, berdasarkan hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, kasus Covid-19 di wilayah Yogyakarta dan sekitaranya, serta Solo Raya, masih cukup tinggi.

Karenanya, dibutuhkan banyak ketersediaan tempat untuk melakukan isolasi mandiri pasien Covid-19.

Baca juga: Tak Ada Lagi Pengiriman ke Donohudan, Karantina Covid di Kudus Kini Dipusatkan di Desa dan Kecamatan

Baca juga: Sujud Syukur, 33 Warga Kudus Batal ke Donohudan setelah Hasil Tes Swab Antigen Keluar Negatif

Baca juga: Santri Ponpes Putri Colomadu Karanganyar Positif Covid, 3 Orang Masih Diisolasi di Asrama Donohudan

Baca juga: Warga Kudus Meninggal Saat Isolasi di Asrana Haji Donohudan Boyolali, Ini Fakta Corona Varian India

Renovasi Asrama Haji Donohudan dikerjakan oleh Balai Prasara Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah dengan menyiapkan Gedung Madinah berkapasitas 352 Tempat Tidur (TT) terdiri dari 344 TT Perawatan dan 8 TT High Care Unit (HCU).

Sebagai kontraktor pelaksana, ditunjuk PT Waskita Karya (Persero) Tbk-Building Division dengan anggaran sebesar Rp 30 miliar dan saat ini progres konstruksinya telah mencapai 40 persen.

Asrama Haji Donohudan berlokasi di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved