Berita Bisnis

Mulai 25 Mei 2021, Masa Berlaku Hasil Rapid Antigen untuk Perjalanan Kereta Kembali 3x24 Jam

PT Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto menyesuaikan kembali persyaratan perjalanan kereta api antar kota untuk perjalanan mulai 25 Mei 2021.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Suasana ruang tunggu di pintu keluar stasiun Daop 5 Purwokerto, Senin (24/5/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Perseroan Terbatas (PT) Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto menyesuaikan kembali persyaratan perjalanan kereta api antar kota, setelah berakhirnya masa larangan mudik dan pengetatan mudik Lebaran tahun 2021, mulai tanggal 25 Mei 2021.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi mengatakan, peraturan ini sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Juga, SE Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa persyaratan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau rapid test PCR, tidak diwajibkan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun.

"Pelanggan KA jarak jauh tidak perlu lagi menyertakan surat izin perjalanan," ujarnya kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis yang diterima, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: 10 Kereta Api Jarak Jauh Kembali Dioperasikan di Daop 5 Purwokerto, Berikut Daftar dan Jadwalnya

Baca juga: Catat, Hasil Negatif Rapid Tes untuk Naik KA Jarak Jauh Kini Hanya Berlaku 1x24 Jam

Baca juga: Kami Tidak Melarang Warga Cilacap Masuk Banyumas, Kapolresta: Hanya Memfilter di Wilayah Perbatasan

Baca juga: 2 Kecamatan Jadi Percontohan Penanganan Kasus Stunting, Ditangani Forum Jaga Stunting Banyumas

Namun, calon penumpang masih harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 berupa surat keterangan negatif RT PCR atau rapid test antigen yang diambil dalam kurun waktu 3x24 jam, atau GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.

Untuk memperoleh tiket, pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access, Web KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Ayep mengatakan, Daop 5 Purwokerto juga menyediakan fasilitas pemeriksaan rapid tes antigen dan Genose untuk membantu melengkapi syarat surat bebas Covid-19 tersebut.

Untuk pemeriksaan rapid test antigen, tersedia di tiga stasiun, yaitu Stasiun Purwokerto, Kroya dan Kutoarjo. Harga layanan ini dipatok 85 ribu.

Sementara, pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30 ribu, tersedia di enam stasiun, yaitu Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, dan Stasiun Sidareja.

Ayep menjelaskan, calon penumpang yang tidak memiliki surat RT-PCR, GeNose C19, atau rapid test antigen dengan hasil negatif maupun mendapat hasil reaktif atau positif saat dilakukan tes di stasiun, dapat membatalkan tiket perjalanan.

"Proses pembatalan dapat dilakukan sampai 7 hari dari tanggal yang tertera pada tiket, di semua loket stasiun on line penjualan tiket langsung tunai dan layanan contact center 121 dengan skema transfer," terangnya.

Khusus penumpang reaktif atau positif yang melakukan pembatalan di loket stasiun, pengembalian bea dilakukan dengan skema transfer.

Baca juga: Jangan Lewatkan! Gerhana Bulan Total Bisa Dinikmati Petang Ini, Mulai Pukul 18.18 WIB

Baca juga: Zidane Dikabarkan Hengkang dari Real Madrid Pekan Depan, Allegri Punya Kans Besar Jadi Pengganti

Baca juga: Harga Emas Antam di Pegadaian Pagi Ini, Rabu 26 Mei 2021: Rp 988.000 Per Gram

Baca juga: Jadwal Film Bioskop di Purbalingga Hari Ini, Rabu 26 Mei 2021: Ada Film Tarian Lengger Maut

Pengembalian bea diberikan penuh 100 persen di luar bea pesan.

Untuk pengembalian bea dengan skema transfer, memiliki waktu 14 hari dari proses pembatalan.

Bagi penumpang yang memiliki tiket return (kembali) atau tiket lain, dapat dibatalkan sekalian dengan pengembalian bea 100 persen.

Sedangkan penumpang dengan hasil reaktif/positif atau suhu lebih dari 37,3 derajat Celsius yang membawa pendamping, maka tiket dapat dibatalkan maksimal empat orang dalam satu kode booking.

Dan jika beda kode booking maka bea tiket yang dapat dibatalkan maksimal dua orang sebagai pendamping.

"Dengan adanya aturan tersebut, PT KAI akan selalu mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona," ungkap Ayep.

Informasi lebih detail, kata Ayep, pengguna KA jarak jauh pada dapat menghubungi Customer Service, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved