Breaking News:

Berita Purbalingga

Ketemu Bupati Purbalingga, BPJS Ketenagakerjaan Berharap RT dan RW Didaftarkan Jadi Peserta

Manajemen BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga mendorong pemkab setempat mendaftarkan RT dan RW sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga Purbalingga, yang diwakili Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, di Pringgitan Rumah Jabatan Bupati Purbalingga, Selasa (20/4/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Manajemen BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga mendorong pemkab setempat mendaftarkan RT dan RW sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Juga, para penderes kelapa yang memiliki risiko tinggi saat bekerja.

Hal ini disampaikan manajemen BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga saat bertemu Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dalam audiensi di ruang Pringgitan Rumah Jabatan Bupati, Selasa (20/4/2021).

Kepala BPJS Purbalingga, Mabrur Ari mengatakan, sesuai dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2021 semua kepala daerah diminta untuk mendorong optimalisasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Inpres ini memiliki semangat baru sebagai percepatan dalam upaya perlindungan jaminan ketenagakerjaan bagi para pekerja.

"Selama ini, pemerintah pusat sudah banyak berupaya memberikan kesejahteraan bagi para pekerja. Seperti, bantuan subsidi upah dan pemberian jaminan kehilangan pekerjaan. Kesemuanya hanya didapat ketika pekerja sudah masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya dalam rilis, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Amaliah Ramadan Digelar Lagi, Bupati Purbalingga Ingatkan Warga Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Baca juga: JADWAL Salat dan Buka Puasa Ramadan Hari Ke-8 di Purbalingga, 20 April 2021

Baca juga: Prakiraan Cuaca Purbalingga Selasa, 20 April 2021: Malam Ini Diperkirakan Hujan

Baca juga: Sopir Mengantuk, Mobil Toyota Avanza Nyungsep ke Sawah di Bukateja Purbalingga

Selama ini, Pemkab Kabupaten Purbalingga telah bersinergi baik dengan BPJS.

Namun, peluang atau potensi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan masih terbuka, terutama di sektor swasta.

Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sektor swasta di Kabupaten Purbalingga baru 80 persen sehingga masih ada 20 persen yang belum menjadi peserta.

Sebanyak 20 persen ini merupakan karyawan baru atau karyawan yang keluar masuk perusahaan.

"Kami juga mendorong kepada Pemkab Purbalingga, utamanya, untuk pekerja rentan, khususnya penderes yang memiliki risiko kecelakaan kerja. Maupun RT RW yang merupakan garda terdepan pelayanan kepada masyarakat dan pekerja sosial keagamaan. Mereka perlu mendapatkan perlindungan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved