Breaking News:

Berita Semarang

Mulai Dicek Penerapan Protokol Kesehatannya, Gedung Bioskop di Kota Semarang Segera Buka Lagi

Pemerintah Kota Semarang melakukan pengecekan penerapan protokol kesehatan di bioskop XXI The Premiere, DP Mall Semarang, Kamis (15/10/2020).

TRIBUNBANYUMAS/EKA YULIANTI FAJLIN
Pjs Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto mengecek penerapan protokol kesehatan di bioskop XXI The Premiere, DP Mall Semarang, Kamis (15/10/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang melakukan pengecekan penerapan protokol kesehatan di bioskop XXI The Premiere, DP Mall Semarang, Kamis (15/10/2020).

Rombongan pengecek dipimpin langsung Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Indriyasari, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Moh Abdul Hakam.

Tavip mengatakan, Pemkot Semarang akan segera memberikan izin membuka bioskop apabila pengelola menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Baca juga: Buruan, KPU Purbalingga Perpanjang Pendaftaran KPPS di 35 Desa Sampai 18 Oktober 2020

Baca juga: Sambangi Purwokerto, Peraih Emas Sea Games Diananda Choirunisa Beri Motivasi Pemanah Junior Banyumas

Baca juga: Mudahkan Petani dan Nelayan Jual Produk, IT Telkom Purwokerto Kembangkan Aplikasi Petani.id

Baca juga: Karimunjawa Dibuka Lagi untuk Wisatawan Mulai Besok, Pengunjung Dibatasi dan Harus Daftar Via Daring

Prosedurnya, pengelola harus mengajukan izin kepada Disbudpar, sama seperti sektor pariwisata lain. Kemudian, Pemkot akan mengecek penerapan protokol kesehatannya dan akan melakukan evaluasi.

"Kami tidak langsung membuka tapi kami cek. Rencananya, akan kami coba beberapa gedung bioskop untuk kami evaluasi apakah protokol kesehatan sesuai ketentuan atau tidak. Kalau sesuai ketentuan, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan masyarakat," papar Tavip.

Rencana pembukaan bioskop ini, lanjut Tavip, sebagai upaya untuk menggerakan perekonomian masyarakat.

Saat ini, kasus Covid-19 di Kota Semarang sudah mulai melandai namun semua elemen harus tetap berjaga dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

Dia menyebutkan, hasil pengecekan bioskop XXI The Premiere, DP Mall Semarang, pengelola telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari sistem antrean, pengaturan tempat duduk, toilet, petunjuk arah keluar masuk, hingga penggunaan barcode.

"Tempat duduk diatur dua kosong satu isi, toilet tidak semua dipakai, petugas tiket tidak menyobek tiket tapi penontonnya sendiri. Semua juga sudah barcode," sebutnya.

Setelah pengecekan, Tavip akan mengevaluasi bersama dinas terkait. Dia berharap, bioskop tersebut bisa segera beroperasi lagi. Dia tidak ingin, perekonomian di Kota Semarang terlalu lama stagnan.

"Begitu evaluasi oke, kita jalan. Biar tidak terlalu lama stagnan," ucapnya.

Baca juga: 10 Granat Nanas Diduga Aktif Ditemukan di Bawah Jembatan Kagok Slawi Tegal

Baca juga: Bawa Spanduk dan Bagikan Pamflet, Petugas Minta Warga Prioritaskan Kereta saat di Perlintasan KA

Baca juga: Kasus Positif di Kebumen Tembus 1.005 Orang, Dinkes Terus Gencar Lakukan Swab Massal

Baca juga: WHO Pastikan, Anak Muda Sehat Baru Dapat Vaksin Covid-19 Mulai 2022

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Moh Abdul Hakam mengatakan, prinsip penerapan protokol kesehatan di bioskop yakni memenuhi kriteria ventilasi, durasi, dan jaga jarak.

"Tadi, yang disampaikan harus sesuai. Nanti kami evaluasi," ucapnya.

Menurutnya, pembukaan bioskop tidak dipermasalahkan apabila sudah sesuai kriteria protokol kesehatan. Terlebih, Kota Semarang sudah masuk zona oranye.

"Kita zona orange ke atas 2,24. Kalau sudah 2,41, sudah kuning. Jadi, sedikit lagi kuning," katanya. (*)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved