Breaking News:

Cegah Kasus Impor Covid-19, Malaysia Larang WNI dan Warga dari 2 Negara Lain Masuk Wilayahnya

Malaysia akan melarang masuknya Warga Negara Indonesia (WNI) untuk mencegah kasus impor Covid-19, mulai pekan depan.

Editor: rika irawati
AFP/Mohd Rasfan
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KUALA LUMPUR - Malaysia akan melarang masuknya Warga Negara Indonesia (WNI) untuk mencegah kasus impor Covid-19, mulai pekan depan.

Selain Indonesia, "Negeri Jiran" juga bakal melarang masuknya warga negara India dan Filipina.

Pelarangan akan efektif dimulai Senin (7/9/2020) mendatang dan seterusnya, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Larangan ini akan berlaku untuk pemegang izin tinggal jangka panjang, pelajar, ekspatriat, penduduk tetap, serta anggota keluarga warga Malaysia.

Catat, Jam Layanan Pembuatan SIM di Satlantas Polresta Banyumas Ditutup Pukul 13.00 WIB

7 Artis Ini Siap Maju di Pilkada 2020, Ada Cucu Maruf Amin Hingga Pedangdut Iyeth Bustami

Jokowi Siap Datangkan 20 Ribu-30 Ribu Vaksin Covid-19 di Akhir Tahun 2020

Saat ini, banyak di antara orang-orang di kategori itu masih diizinkan masuk Malaysia meski ada pembatasan ketat dalam aturan perjalanan.

Kebijakan itu diumumkan Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob kepada wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (1/9/2020).

"Rapat hari ini memutuskan untuk memberlakukan larangan ke warga negara India, Indonesia, dan Filipina untuk masuk ke negara ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Ismail mengatakan, pemerintah juga akan memantau situasi di negara lain dan tidak menutup kemungkinan larangan yang sama diberlakukan ke negara-negara lain yang mengalami lonjakan kasus.

"Kami telah meminta Kementerian Kesehatan untuk membuat perencanaan rinci tentang bagaimana Malaysia harus menghadapi ancaman dan tantangan, mengingat kemungkinan peningkatan kasus pada musim dingin," imbuhnya.

"Kami sudah mulai memperketat pengawasan perbatasan dengan tidak mengizinkan orang-orang dari tiga negara itu masuk," katanya.

Wow, Indonesia Mengekspor 100 Ton Bawang Merah Goreng ke Malaysia

1 WNI Ditembak Mati dan 2 Lainnya Diamankan APMM Malaysia saat Selundupkan Burung Murai Batu

Partai Baru Pimpinannya Kalah Telak di Pemilu Sela, Pesona Politik Mahatir Mohamad Diduga Memudar

Sebelumnya, semua turis asing telah dilarang masuk sejak Maret. Malaysia melanjutkan langkah-langkah penanganan pandemi hingga akhir tahun, karena virus corona "masih terus menyebar di seluruh dunia," kata PM Malaysia Muhyiddin Yassin pada Jumat (28/8/2020), dikutip dari The Star.

Sementara itu, Ismail mengatakan, tantangan berikutnya dari kebijakan ini adalah bagaimana mempersiapkan kepulangan warga negara Malaysia dari negara-negara dengan lonjakan kasus virus corona. Ia menerangkan, langkahnya perlu ditinjau lebih lanjut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Kasus Impor Corona, Malaysia Larang WNI Masuk Mulai Minggu Depan". 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved