Breaking News:

Berita Pendidikan

Kemendikbud Umumkan 15 UniversitasTerbaik di Indonesia, Ini Daftarnya

Tahun ini, pengumuman klasterisasi perguruan tinggi dilakukan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dok Pixabay
Ilustrasi mahasiswa. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Secara rutin, setiap bulan Agustus, pemerintah secara resmi mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi.

Tahun ini, pengumuman klasterisasi perguruan tinggi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Klasterisasi perguruan tinggi ini bertujuan membangun landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi untuk melakukan perbaikan terus-menerus dalam rangka meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Tak Kebagian Slot Penukaran Uang Pecahan Rp 75 Ribu? Ini Jadwal Tahap Dua, Dimulai 1 Oktober

Polisi Tolak Permohonan Penangguhan Penahanan Jerinx SID, Ini Alasannya

Selain klasterisasi, Ditjen Dikti Kemendikbud juga melakukan pemeringkatan perguruan tinggi berbasis pada 4 indikator penilaian meliputi:

1. Indikator Input (20 persen).

Meliputi persentasi jumlah dosen S3, jumlah lektor dan guru besar, rasio mahasiswa dan dosen, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi industri.

2. Indikator Proses (25 persen).

Meliputi penilaian akreditasi universitas dan program studi, kerja sama perguruan tinggi, pembelajaran daring, pelaksanaan Kampus Merdeka, dan kelengkapan laporan.

3. Indikator Output (25 persen).

Meliputi penilaian jumlah artikel ilmiah, kinerja penelitian dan mahasiswa, serta jumlah prodi bersertifikasi internasional.

Halaman
123
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved