Breaking News:

Berita Kesehatan

Yang Harus Dilakukan saat Kantor Kamu Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

Perkantoran yang didominasi dengan ruang tertutup ber-AC kini menjadi salah satu klaster penyumbang kasus Covid-19 di Indonesia.

pixels.com
Ilustrasi pekerja kantoran 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Perkantoran yang didominasi dengan ruang tertutup ber-AC kini menjadi salah satu klaster penyumbang kasus Covid-19 di Indonesia.

Jumlah kasus penyebaran Covid-19 di area kantor meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, setidaknya terdapat 701 klaster penyebaran Covid-19 saat ini.

Kendati demikian, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menuturkan, paling tidak ada delapan klaster yang cukup mendapat perhatian dari pemerintah.

Pria 46 Tahun Bunuh Istri Sirinya yang Masih Berumur 24 Tahun Karena Cekcok

Emak-emak Driver Ojol Duel Lawan Begal Seusai Dapat Orderan Pukul 02.45, Aksinya Terekam CCTV

Update Virus Corona: Total Infeksi Capai 104.432 Orang, Jateng Bertambah 313 Kasus Covid-19

Soal Warna Pirang Rambut Pasha Ungu Wakil Wali Kota Palu, Mari Tengok Kembali Aturan Kemendagri

Kedelapan klaster tersebut yaitu pasar atau tempat pelelangan ikan, pesantren, transmisi lokal, fasilitas kesehatan , acara seminar, mal, perkantoran dan tempat ibadah.

"Sekarang marak perkantoran di mana ada kenaikan kasus dari klaster perkantoran," kata Wiku melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (27/7/2020), seperti dilansir dari Kompas.com.

Pakar Epidemiologi Universitas Gadjah Mada ( UGM) Bayu Satria Wiratama mengatakan, risiko penularan di tempat kerja menurutnya termasuk tinggi terutama di tempat kerja yang tertutup dan terdapat interaksi dengan banyak orang.

Di dalam ruangan kantor yang tertutup, dia menjelaskan, droplet yang menjadi sumber penularan Covid-19 bisa bergerak ke seluruh ruangan terutama dalam ruangan yang menggunakan pendingin atau AC.

Bayu menjelaskan, idealnya setiap kantor perlu memiliki sirkulasi udara yang baik, dan mengatur posisi tempat duduk dengan jarak minimal 1 sampai 1,5 meter.

Sementara dari segi jam kerja, menurutnya penyesuaian diperlukan untuk mengurangi rasio jumlah pekerja di dalam ruangan, salah satunya dengan menerapkan sistem shift.

Halaman
12
Editor: Rival Almanaf
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved