Breaking News:

Teror Virus Corona

Cara Menjauhkan Anak Dari Virus Corona Saat Angka Covid-19 Pada Anak Tinggi

Seperti di wilayah Jawa Timur yang saat ini sedang mengalami pelonjakan kasus covid-19, ada 127 anak positif covid-19.

Kompas.com
Ilustrasi Ibu dan Anak 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Berikut ini tips dari ahli untuk menjaga anak terhindar dari virus corona di saat penularan ke anak semakin tinggi.

Seiring dengan tren kasus covid-19 di Indonesia, semakin banyak juga laporan anak-anak yang terkonfirmasi positif terjangkit covid-19. Bagaimana trik menjaga buah hati agar terhindar dari virus corona?

Seperti di wilayah Jawa Timur yang saat ini sedang mengalami pelonjakan kasus covid-19, ada 127 anak positif covid-19.

Gugus Tugas Beberkan Daftar Penyakit Penyerta yang Tingkatkan Risiko Kematian Penderita Covid-19

Pos Polisi di Jalan Jenderal Sudirman Semarang Terbakar, Ada Bekas Ban di Dalam Pos

Kronologi Penggrebekan Seorang Tukang Bakso yang Setubuhi Gadis 16 Tahun di Rumahnya

Surabaya yang Berubah Menjadi Zona Hitam dan Penjelasan Gugus Tugas Covid-19

Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Persahabatan, dr. Tjatur Kuat Sagoro, Sp.AK menyebutkan covid-19 ini memang berpotensi juga terjadi pada anak-anak tidak hanya orang dewasa.

"Jadi anak-anak yang rentan usia 0-18 tahun rentan terhadap covid-19, ada beberapa bayi yang juga sudah terkena," ungkap dr. Tjatur saat live di Radio Kesehatan, Selasa (2/6/2020).

Walaupun saat ini anak-anak sedang belajar dari rumah, anak-anak bisa ditularkan dari anggota keluarga yang bepergian lalu pulang membawa virus.

Anak yang masih keluar-keluar rumah karena bermain atau diajak bepergian oleh orangtuanya juga berisiko tertular covid-19.

"Anak-anak gak sekolah sih tapi di rumah ada yang pergi keluar melanggar PSBB lalu pulang ke rumah bawa oleh-oleh virus nah disitu bisa tertular atau anak kecil dibawa orangtuanya keluar," kata dr. Tjatur.

Untuk mengantisipasi covid-19, dr. Tjatur mengingatkan agar orangtua harus tetap memastikan anak berada di rumah jangan dibawa ke luar rumah kecuali ada urusan ke rumah sakit.

Simak Prakiraan Cuaca BMKG di Purwokerto Hari Ini Rabu 3 Juni 2020

Gagal Redam Kerusuhan Aksi George Floyd, Polisi Amerika Justru Tembak Mati Warga Kulit Hitam

Pencari Bonsai Asal Wonogiri Terjepit Batu Seukuran Mobil Selama 10 Jam, Evakuasi Berjalan Dramatis

Ade Armando Minta Maaf, Pemuda Muhammadiyah Jateng: Harusnya ke Pak Din Syamsudin Tanpa Syarat

"Tidak membawa anak ke luar kecuali terpaksa, kegiatan di publik yang melibatkan anak dan dewasa tidak dilakukan, tidak membawa anak ke fasilitas sosial atau ke transportasi umum," ucap dr. Tjatur.

Kemudian selama di rumah biasakan anak untuk menerapkan perilaku bersih dan sehat (PHBS).

Kemudian jika mengalami gejala covid-19 seperti demam, hilang indra perasa dan penciuman serta sesak napas sebaiknya segera ke rumah sakit.

"Yang penting di rumah menerapkan PHBS kebersihan tangan mencuci dengan air dan sabun memakai masker kalau keluar, kalau sakit segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk cek apakah sakit covid19 atau bukan," pungkas dr. Tjatur. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kasus Covid-19 Pada Anak Makin Banyak, Ini Cara Menjaga Buah Hati Agar Terhindar dari Virus Corona, 

Editor: Rival Almanaf
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved