Berita Wonosobo

Gempa Skala Kecil Sering Terasa di Dataran Tinggi Dieng, BPBD Wonosobo: Status Masih Waspada

Gempa skala kecil masih terasa di dataran tinggi Dieng akibat aktivitas vulkanik Gunung Api Dieng, Senin (16/1/2023).

Penulis: Imah Masitoh | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Imah Masitoh
Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Wonosobo Bambang Trie saat memantau aktivitas Gunung Api Dieng di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, Senin (16/01/2023). BPBD Wonosobo mengatakan, terjadi gempa skala kecil namun masih aman untuk wisatawan. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, WONOSOBO - Gempa skala kecil masih terasa di dataran tinggi Dieng akibat aktivitas vulkanik Gunung Api Dieng, Senin (16/1/2023).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo terus memantau kondisi gunung api yang kini berstatus level II atau waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo Bambang Trie mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan dan aktivitas vulkanik di Pos Pengamatan Gunung Api (Pos PGA) Dieng.

"Masih ada gempa-gempa skala kecil di dataran tinggi Dieng, bahkan ada yang tidak dirasakan oleh warga yang berada di sekitar sini," ucap Bambang, Senin.

Baca juga: Gunung Dieng Banjarnegara Naik Level Waspada, Ini Potensi Bahaya di Kawah Sileri dan Timbang

Baca juga: Dieng Banjarnegara Masih Berstatus Waspada, Ini Daftar Tempat Wisata yang Aman Dikunjungi

Ada beberapa titik pantauan di Pos PGA Dieng, yakni Kawah Sileri, Kawah Timbang, dan Kawah Sikendang.

"Untuk Kawah Sileri dan Kawah Timbang, ini masuk di Kabupaten Banjarnegara. Dan untuk Kabupaten Wonosobo, kami memiliki Kawah Sikendang yang berada di Telaga Warna," jelasnya.

Hasil pemantauan, hari ini, kata Bambang, belum ada penurunan status.

"Belum ada penurunan level karena setiap hari masih ada letupan-letupan dan gerakan-gerakan di Dataran Tinggi Dieng," tambahnya.

Baca juga: Longsor di Kejajar Wonosobo Rusak 2 Rumah dan 4 Motor

Sementara itu, di Kawah Sikendeng sendiri, dari pemantauan dan secara grafik, masih dalam keadaan normal atau dalam artian tenang.

"Untuk itu, kami tetap mengimbau masyarakat, juga wisatawan, untuk tetap berhati-hati dan waspada. Prinsip untuk Dataran Tinggi Dieng, aman untuk dikunjungi wisatawan namun tetap berhati-hati dan waspada mengingat bencana akan datang tanpa memberi tahu dahulu," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved