Gempa Sukabumi

UPDATE Tiga Rumah dan Satu Sekolah Rusak Akibat Gempa Sukabumi 5,8 M, Tak Ada Korban Jiwa

Tiga rumah rusak akibat guncangan gempa rusak akibat guncangan gempa bumi 5,8 magnitudo, Kamis (8/12/2022).

Editor: Pujiono JS
Dok Pusdal Ops BPBD Kabupaten Sukabumi
Satu unit rumah di Kampung Panagan RT. 05, /09, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ambruk akibat guncangan gempa bumi 5,8 magnitudo, Kamis (8/12/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SUKABUMI - Tiga rumah dan satu sekolah rusak akibat guncangan gempa bumi magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

Sebuah rumah di Kampung Panagan RT. 05, /09, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi ambruk sesaat setelah gempa mengguncang.

Rumah tersebut tiba-tiba ambruk saat terjadi gempa pada pukul 07.50 WIB, namun beruntung penghuni rumah menyelamatkan diri lebih awal.

Rumah yang rusak di Kampung Panagan RT 05 RW 09, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar akibat gempa bumi 5,8 Skala Magnitudo, Kamis (8/12/2022).
Rumah yang rusak di Kampung Panagan RT 05 RW 09, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar akibat gempa bumi 5,8 Skala Magnitudo, Kamis (8/12/2022). (Dok BPBD Kabupaten Sukabumi)

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciambar, Dedi Supianto mengatakan, kerusakan rumah tersebut hanya sebagian bangunan saja milik warga bernama Iis yang dihuni tiga orang.

Sementara itu dua rumah lainnya di Kampung Bojongkawung, Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi juga rusak.

"Keduanya rusak ringan, tidak ada korban jiwa. Saat ini sedang dilakukan evakuasi material reruntuhan," kata petugas dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak.

Baca juga: GEMPA Magnitudo 5,8 Guncang Sukabumi, Warga di Bogor dan Jakarta Merasakan Guncangan

Selain rumah penduduk, gempa juga mengakibatkan Dinding Sekolah MTS Cikoredas retak-retak.

Sekolah ini terletak di Kampung Cikoredas RT 02 RW 08 Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Gempa Sukabumi

Seperti sudah diwartakan sebelumnya, wilayah Sukabumi diguncang gempa bumi, Kamis (8/12/2022) pagi, sekitar pukul 07.50 WIB.

Gempa bumi tersebut mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa barat.

Menurut data resmi BMKG, gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 5,8.

Gempa berlokasi di 7.11 Lintang Selatan, 106.99 Bujur Timur.

Pusat gempa bumi berada pada 39 kilometer barat daya Kota Sukabumi.

Gempa berada pada kedalaman 104 kilometer.

Getaran gempa bumi terasa hingga wilayah Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, dan wilayah di sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada dan hati-hati terhadap gempa susulan. (***)

Ratusan siswa di Yayasan Arifaiyah Kebonpedes Kabupaten Sukabumi yang sedang belajar di kelas berhamburan keluar menyelamatkan diri, Kamis (8/12/2022).
Ratusan siswa di Yayasan Arifaiyah Kebonpedes Kabupaten Sukabumi yang sedang belajar di kelas berhamburan keluar menyelamatkan diri, Kamis (8/12/2022). (Tribun Jabar/ Dian Herdiansyah)


Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Dampak Gempa Sukabumi Pagi Tadi, Tiga Rumah Dilaporkan Rusak, Beruntung Penghuni Rumah Selamat

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved