Berita Pekalongan

Angin Ribut Sapu Kajen Pekalongan: Plafon Gedung DPRD Ambrol, Pohon dan Tiang Listrik Tumbang

Angin puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (6/11/2022) siang.

Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/INDRA DWIPURNOMO
Anggota Brimob Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng membersihkan pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin ribut di Jalan Rinjani, Kabupaten Pekalongan, Minggu (6/11/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KAJEN - Angin puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (6/11/2022) siang.

Kejadian ini tak hanya menerbangkan atap rumah dan toko warga, tetapi juga mengakibatkan setidaknya tujuh kantor pemerintahan rusak parah.

Banyak gerobak pedagang dan papan reklame di kawasan Alun-alun Kajen hingga perbatasan Karanganyar, rusak parah diterjang angin puting beliung.

"Saat itu hujan deras disertai angin kencang. Genting warung pada berjatuhan, terus saya lari menyelamatkan diri ke depan," kata Sri (62), warga Kulu Asri, Kecamatan Karanganyar, di warungnya.

Baca juga: Hindari Anak Punk yang Mengadang, Truk Trailer Tabrak Pohon di Pantura Pekalongan. 2 Orang Terluka

Baca juga: Bukan Tentara Masuk Desa, TNI di Pekalongan Juga Masuk Dapur, Masak untuk Warga Tak Mampu

Angin ribut sekitar 15 menit itu juga membuat sejumlah pohon bertumbangan dan menghalangi jalan.

Sebuah tiang listrik juga ambruk menimpa tembok Polres Pekalongan. Kanopi tempat parkir di Polres Pekalongan juga beterbangan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo mengatakan, kejadian ini mengakibatkan tujuh bangunan milik Pemkab Pekalongan dan Polres Pekalongan rusak.

"Tujuh bangunan milik Pemkab Pekalongan yang rusak akibat kejadian ini yaitu, kantor Setda Kabupaten Pekalongan, kantor Polres Pekalongan, Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Dinas Pariwisata, Kantor Bappeda, Kantor Setwan Kabupaten Pekalongan, dan Kantor Dinas Perdagangan," imbuh Budi.

Kolase foto kondisi plafon Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Pekalongan yang ambrol setelah diterjang hujan deras disertai angin ribut, Minggu (6/11/2022).
Kolase foto kondisi plafon Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Pekalongan yang ambrol setelah diterjang hujan deras disertai angin ribut, Minggu (6/11/2022). (ISTIMEWA/Dok Setwan Kabupaten Pekalongan)

Tidak hanya bangunan milik Pemkab Pekalongan, toko dan rumah di sepanjang Jalan Mandurirejo, Desa Tanjungsari, Kecamatan Kajen, juga terdampak.

"Ada 21 toko dan rumah di Jalan Mandurirejo, Desa Tanjungsari, Kecamatan Kajen, rusak. Ada kanopi dan genting berterbangan, atap pada ambrol," imbuhnya.

Menurutnya, hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Kajen dan Karanganyar ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

"Angin kencang tersebut menyebabkan kerusakan bangunan dan pohon tumbang di delapan titik, yang menutup akses jalan," ujarnya.

Baca juga: Jembatan Ambles, Siswa di Pekalongan Kesulitan Akses Jalan, Mobil Pemdes Dikerahkan Antar-Jemput

Baca juga: Reklame Bergambar Pakaian Dalam di Pekalongan Tuai Kontroversi, Ternyata Tak Berizin, Kok Bisa?

Menurut Budi, belum ada laporan adanya korban jiwa dalam kejadian ini.

"Titik pohon tumbang berada di kompleks Alun-alun Kajen, sepanjang Jalan Mandurorejo, Jalan Rinjani, Jalan Raya Kulu, jalan depan kantor DPC PDIP."

"Lalu, jalan Desa Sidomukti, Kecamatan Karanganyar, dan Jalan Banjarejo, Kecamatan Karanganyar," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim quick respon untuk membantu tim BPBD membersihkan pohon tumbang agar jalan bisa dilewati lagi.

"Dampak dari kejadian tersebut, ada beberapa titik pohon tumbang dan tiang listrik patah, seperti di halaman Mapolres Pekalongan. Di Polres Pekalongan ada empat trafo listrik yang patah."

"Saya sudah berkoordinasi dengan PLN untuk melakukan relokasi, khususnya di Kecamatan Karanganyar dan Kajen agar listrik bisa hidup lagi," katanya. (Indra Dwipurnomo)

Baca juga: Sistem Poin SIM Diberlakukan di Jateng, SIM Bisa Langsung Dicabut saat Terlibat Kecelakaan

Baca juga: Ikan Sidat Kaliwungu Cilacap Jadi Favorit, Dikirim ke Restoran Michelin Star Indonesia hingga Jepang

Baca juga: Gelar Deklarasi Kebhinekaan, Ansor Banser Banyumas Laporkan Penyebar Ujaran Kebencian

Baca juga: Hilang 5 Hari, Warga Pekuncen Banyumas Pulang. Mengaku Dengar Suara Gaib agar Menyepi di Hutan

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved