Berita Purbalingga

Menhub Minta Pemkab Banyumas Raya Subsidi Tiket Pesawat agar Penerbangan di JB Soedirman Aktif Lagi

Menhub Budi Karya Sumadi meminta pemkab di Banyumas Raya memberi subsidi penerbangan agar aktivitas Bandara JB Soedirman Purbalingga hidup lagi.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI
Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi memberi keterangan saat kunjungannya ke Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jumat (30/9/2022). Untuk menghidupkan bandara, Budi Karya Sumadi meminta enam bupati di wilayah Banyumas Raya, yakni Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, Kebumen, dan Wonosobo, memberi subsidi untuk memastikan okupansi penerbangan mencapai 70 persen. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pemerintah kabupaten di Banyumas Raya memberi subsidi penerbangan untuk keberlangsungan pengoperasian Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga.

Subsidi ini bertujuan menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat, paling tidak 70 persen atau 50 kursi, sekali tebang.

Penerapan sistem block seat ini disampaikan Budi Karya Sumadi disampaikan kepada bupati-bupati di Banyumas Raya saat berkunjung ke Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jumat (30/9/2022).

Seperti diketahui, saat ini, maskapai Wings Air memutuskan menutup sementara penerbangan yang pernah dibuka dengan rute Pondok Cabe/Halim Perdanakusuma-Purbalingga karena okupansi yang rendah.

Baca juga: Sepi Penumpang, Wings Air Hentikan Sementara Penerbangan dari Tangerang ke Purbalingga dan Blora

Baca juga: 11 Destinasi Wisata Terdekat dari Bandara Purbalingga, Ada Peternakan dan Petik Stroberi

Sementara, lewat konsep block seat yang ditawarkan, calon penumpang akan mendapat subsidi sehingga harga tiket lebih terjangkau sehingga meningkatkan minat penumpang.

Menurut juru bicara Kemenhub Adita Irawati, sistem block seat ini juga diterapkan di Mamuju dan Toraja, yang memiliki persoalan sama.

"Skema memang sekitar tiga sampai empat bulan. 70 persen itu dari perusahaan penerbangan."

"Diharapkan, nanti, akan jadi market sendiri sehingga masyarakat jadi lebih terbiasa dan tahu dengan keberadaan bandara," katanya.

Sementara, dalam kunjungannya itu, Menhub Budi Karya Sumadi bertemu dengan lima bupati wilayah Banyumas Raya, yakni bupati Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, Kebumen, serta bupati Wonosobo.

Selain itu, hadir pula Direktur Angkasa Pura (AP) II dan tiga pimpinan maskapai penerbangan juga dihadirkan, masing-masing Dirut Citilink, Dirut Wings Air, dan Dirut Lions Air.

Menanggapi penerapan sistem ini, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyatakan siap memberi subsidi paling banyak.

Baca juga: Bupati Tiwi Minta Adanya Integrated Tourism, Dongkrat Animo Bandara JB Soedirman Purbalingga

Baca juga: Kecele! Penjagaan Ketat, Warga Purbalingga Tak Bisa Bertemu Presiden Jokowi di Bandara JB Soedirman

Mengingat, Bandara JB Soedirman berada di wilayah pemerintahannya.

"Jelas Purbalingga jatah paling banyak, iya, sekitar 10 seat. Sisanya, kabupaten lain akan dibicarakan nanti."

"Dananya dianggarkan dari APBD masing-masing daerah."

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved