Berita Hiburan

Delapan Kata dari Bahasa Korea Resmi Masuk KBBI, Ada Mukbang hingga Oppa

Beberapa kata dari bahasa Korea kini telah diserap menjadi bahasa baku dan masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/PINGKY SETIYO ANGGRAENI
ILUSTRASI. Pengunjung berfoto memakai pakaian tradisional Korea Selatan, hanbok, berlatar Hanok View House dan bunga sakura, di Taman Pesona Rengganis Cilacap, Minggu (6/3/2022). Kini, beberapa kata dari Bahasa Korea masuk dalam KBBI, di antaranya hanbok, mukbang, juga oppa. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Beberapa kata dari bahasa Korea seringkali digunakan anak-anak muda dalam percakapan sehari-hari.

Beberapa di antaranya, bahkan kini telah diserap menjadi bahasa baku dan masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI).

KBBI yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) dan diterbitkan oleh Balai Pustaka ini memuat kosakata bahasa Korea yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ingin Berwisata Ala Korea? Datang Saja ke Taman Pesona Rengganis Cilacap. Bisa Sewa Hanbok

Baca juga: Selamat, Artis Korea Youn Yuh-jung Gondol Piala Oscar 2021 Lewat Peran di Film Minari

Dikutip Kompas.com dari laman Instagram Badan Bahasa Kemendikbud, salah satu kosakata Korea yang muncul di KBBI adalah " oppa".

Oppa merupakan serapan bahasa asing (bahasa Korea) yang telah disesuaikan dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Tak hanya oppa, ada beberapa kosakata bahasa Korea yang masuk KBBI. Berikut daftarnya:

1. Oppa

Kata "Oppa" dalam bahasa Korea merupakan panggilan dari perempuan kepada laki-laki yang lebih tua. Panggilan ini biasanya digunakan oleh perempuan kepada laki-laki lebih tua yang sudah memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama, semisal kakak kandung, teman, atau kekasih.

2. Bingsu

Menurut KBBI, "bingsu" adalah minuman berupa es yang diserut menyerupai salju. Tak hanya itu, minuman ini juga disajikan dengan menambahkan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai bahan lain.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved