PPDB Jateng

Masih Ada Masalah, Sistem PPDB di Jateng Harus Ada Pembenahan untuk Tahun Depan

Namun, PPDB 2022 di Jateng kali ini masih mengalami beberapa masalah dalam pelaksanaannya, DPRD Jateng pun meminta ada pembenahan untuk sistem PPDB

Penulis: Imah Masitoh | Editor: mamdukh adi priyanto
tribunbanyumas.com/amanda
Sejumlah calon siswa SMA Negeri 1 Semarang tampak melakukan proses administrasi pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Semarang pada Kamis (30/6/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 sudah berakhir.

Namun, PPDB 2022 di Jateng kali ini masih mengalami beberapa masalah dalam pelaksanaannya, DPRD Jateng pun meminta ada pembenahan untuk sistem PPDB tahun depan.

PPDB di Jateng tahun ini masih terjadi masalah di beberapa daerah, seperti jumlah kuota yang tidak memadai, atau belum meratanya persebaran sekolah dalam wilayah tertentu.

Di Banyumas, sekolah negeri belum merata sehingga masyarakat harus tersingkir saat mendaftar sekolah negeri di kecamatan lain.

Baca juga: Baru Lulus, 20 Orang Bintara Remaja Polri dari SPN Polda Jateng Langsung Ditempatkan di IKN

Di Batang, beberapa nama calon peserta didik hilang, yang awalnya tercantum dalam Jurnal PPDB, serta masih banyak persoalan lain yang terjadi.

Ketua Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid mengatakan, satu permasalahan PPDB tahun ini karena belum maksimalnya sosialisasi kepada masyarakat.

"Sosialisasi saya rasa kurang maksimal, sehingga mereka untuk mengakses secara langsung yang kategori blank spot itu sangat kesulitan," ungkapnya kepada Tribunbanyumas.com melalui sambungan telepon, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Pengumuman PPDB Online SMA/SMK Negeri di Jateng: 216.107 Siswa Diterima dari 288.733 Pendaftar

Seperti diketahui PPDB sekarang terdapat 4 jalur yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, serta jalur prestasi.

"Kalau sosialisasinya sudah merata sebenarnya bisa diutak-atik, dipindah mungkin dari zona pendaftarannya, masuk jalur prestasi.

Ini yang perlu dievaluasi," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved