Berita Batang

Alhamdulillah, 5 dari 9 Nama Calon Siswa Baru SMAN 1 Batang Kembali Setelah Hilang dari Jurnal PPDB

Nasib siswa yang namanya mendadak hilang dalam jurnal zonasi PPDB online SMAN 1 Batang akhirnya menemukan kejelasan di menit-menit akhir penutupan.

Penulis: dina indriani | Editor: mamdukh adi priyanto
TRIBUNBANYUMAS/DINA INDRIANI
Orangtua calon siswa baru mendatangi SMA Negeri 1 Batang menemui komite sekolah, Kamis (7/7/2022). Mereka mengadukan dugaan kecurangaan setelah nama anak mereka, sembilan siswa, hilang dari jurnal PPDB tanpa ada pencabutan berkas pendaftaran. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BATANG - Nasib siswa yang namanya mendadak hilang dalam jurnal zonasi PPDB online SMAN 1 Batang akhirnya menemukan kejelasan di menit-menit akhir penutupan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah akhirnya memutuskan mengembalikan hak 5 calon peserta didik (CPD) dari 9 orang yang namanya hilang dalam jurnal zonasi PPDB online SMAN 1 Batang.

Keputusan pengembalian nama calon peserta didik SMAN 1 Batang itu dilakukan setelah Disdikbud Jateng menggelar rapat dengan Ombudsman, Inspektorat, Telkom dan Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, para orangtua siswa telah menemui ejabat di Disdikbud Jateng kemudian juga bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk mempertanyakan permasalahan tersebut.

Baca juga: Diduga Ada Peretasan, Nama 9 Calon Siswa Baru SMA Negeri 1 Batang Tiba-tiba Hilang dari Jurnal PPDB

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) (Istimewa)

Baca juga: Bertemu Ganjar, Orangtua Kini Tunggu Nasib Kasus Nama 9 Peserta PPDB SMAN 1 Batang Hilang Misterius

"Ada  dua hal pokok dalam keputusan itu.

Di antaranya, CPD harus dikembalikan haknya dan masalah ini bukan masalah ranah hukum tetapi masalah administratif," tutur Kepala SMAN 1 Batang, Sukalim kepada Tribunbanyumas.com, Jumat (8/7/2022).

Lebih lanjut, secara resmi yang mengadu hilangnya nama dari jurnal PPDB ada sebanyak delapan orang dan satu orang mengadu tapi tidak secara resmi, dan sudah mendapat sekolah di SMAN 3 Pekalongan.

"Dari aduan yang kami terima ada 8.

Dua anak sudah kami akomodasi di sini, satu anak sudah masuk di SMAN 3 Pekalongan sehingga hanya lima anak yang dikembalikan hak CPD-nya," ungkapnya.

Baca juga: Berbekal Kunci L, Warga Batang dan Kendal Bobol Toko dan Gondol Rokok Puluhan Bungkus

Dikatakannya, meski sudah dikembalikan hak CPD-nya lima anak tersebut tidak serta merta bisa diterima secara otomatis tapi tetap melalui tahapan sesuai petunjuk dari Disdikbud Jateng

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved