Berita Bisnis

Tak Harus Punya Aplikasi MyPertamina, Begini Cara Beli Pertalite dan Solar Bersubsidi di SPBU

Pendaftaran pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk motor dan mobil lewat aplikasi MyPertamina dimulai hari ini, Jumat (1/7/2022).

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: rika irawati
TRIBUNNEWS.COM/Rizki Sandi Saputra
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan terlihat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPUB di Rest Area KM 260 B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (6/5/2022). Pendaftaran pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk motor dan mobil lewat aplikasi MyPertamina dimulai hari ini, Jumat (1/7/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Pendaftaran pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk motor dan mobil lewat aplikasi MyPertamina dimulai hari ini, Jumat (1/7/2022).

Selama proses pendaftaran, masyarakat masih diperbolehkan membeli Pertalite dan Solar secara langsung di SPBU.

PT Pertamina (Persero) lewat Pertamina Patra Niaga memastikan, saat pendaftaran, masyarakat tak wajib memiliki aplikasi MyPertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pendaftaran bisa dilakukan melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

"Di masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar secara langsung. Namun, kami tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya."

"Kami juga tegaskan kembali, dalam pendaftaran ini, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id dan ini khusus untuk kendaraan roda empat," kata Irto saat konferensi pers secara virtual, Kamis (30/7/2022).

Baca juga: Beli Solar dan Pertalite Bakal Gunakan Aplikasi MyPertamina, Aturan Teknis Masih Digodok

Baca juga: Subsidi BBM dan Elpiji Bakal Diganti Menjadi Sistem Tertutup, Apa Dampaknya?

Irto melanjutkan, pada tahap ini, pendaftaran fokus pada pencocokan data antara yang didaftarkan masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa dicetak dan dibawa ke SPBU sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU.

"Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak," jelas Irto.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved