Breaking News:

Berita Kendal

85.565 Keluarga di Kendal Terima Bantuan Beras, Bupati Minta Dinsos Kawal Distribusi hingga Desa

Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Perum Bulog mulai menyalurkan bantuan sosial berupa 855 ton beras di Kabupaten Kendal.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Dok Kominfo Kendal
Bupati Kendal Dico M Ganinduto (kiri), memberikan bantuan beras kepada masyarakat terdampak PPKM di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, Kamis (29/7/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KENDAL - Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Perum Bulog mulai menyalurkan bantuan sosial berupa 855 ton beras di Kabupaten Kendal.

Bantuan didistribusikan kepada 85.565 keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara berkala.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, penerima bantuan terdiri dari 42.935 keluarga program keluarga harapan (PKH) dan 42.630 keluarga penerima bantuan sosial tunai (BST).

Masing-masing keluarga yang terdata berhak menerima bantuan 10 kilogram beras.

Baca juga: Tanggul Sungai Bodri Kendal Rampung November 2021, Sebelum Musim Penghujan Sudah Berfungsi

Baca juga: Akhir Tahun Ini, Kendal Sudah Miliki Perpustakaan Berkonsep the Light Library, Berikut Fasilitasnya

Baca juga: Nakes RSI Muhammadiyah Kendal Kini Bisa Menghela Napas, Tersisa Tiga Pasien, BOR Turun 15 Persen

Baca juga: Pembangunan Rusunawa Kebondalem Kendal Selesai Desember 2021, Khusus Warga Belum Punya Rumah

Dico menargetkan, bantuan beras PPKM ini diterima warga di 20 kecamatan di Kendal, selambat-lambatnya Rabu (4/8/2021) pekan depan.

Ia juga meminta Dinas Sosial mengawal pendistribusian bantuan hingga tingkat desa, dengan menggandeng pemerintah kecamatan dan desa.

Selain itu, Dico juga berpesan kepada Dinas Sosial agar terus melakukan pembaharuan data penerima bantuan sehingga bantuan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran.

Dia berharap, bantuan yang disalurkan dapat membantu kebutuhan sehari-hari selama pandemi Covid-19 berlangsung.

"Semoga, ini tepat sasaran. Kami koordinasikan dengan Dinas Sosial hingga pemerintah kecamatan dan desa agar (penyaluran, red) tepat sasaran. Sehingga, bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terangnya usai menyalurkan bantuan beras di Kelurahan Karangsari, Kecamatam Kota Kendal, Kamis (29/7/2021).

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kendal Subarso mengatakan, bantuan beras diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menyediakan bahan pokok makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, Pemerintah Kendal juga akan menyalurkan bantuan sembako dan bantuan uang tunai kepada ratusan ribu masyarakat yang masuk dalam data PKH dan BST.

Baca juga: Kandang Terbakar, Lima Kerbau Milik Kelompok Ternak Karya Tulada Pecangaan Jepara Tewas Terpanggang

Baca juga: Selamat! Purbalingga Dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak 2021 Tingkat Pratama

Baca juga: Pria asal Lampung Ditemukan Tewas di Hotel di Baturraden Banyumas, Polisi Temukan Sejumlah Obat

Baca juga: Napi Lapas Nusakambangan Cilacap Meninggal Akibat Covid, Kalapas: Vaksinasi bagi Napi Mendesak

"Bantuan beras ini tentu diharapkan dapat membantu masyarakat. Masing-masing penerima mendapatkan 10 kilogram beras. Nanti juga akan disalurkan bantuan serupa malalui pemerintah daerah, TNI, dan Polri," ujarnya.

Warga Karangsari, Elis, mengaku senang dengan bantuan beras 10 kilogram yang diterima.

Kata Elis, sekecil apapun bantuan akan bermanfaat bagi keluarganya dan juga semua warga yang menerima bantuan di tengah pandemi Covid-19.

"Saya berharap, bantuan yang diberikan bisa merata agar semua masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa dapat juga. Jadi bisa merasakan semuanya," tutur Elis. (*)

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved