Breaking News:

Fenome Alam

Sore Nanti Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Berikut Link Live Streaming untuk Menyaksikannya

Kamis (10/6/2021) sore ini, gerhana matahari cincin (GMC) akan berlangsung di sejumlah wilayah di Dunia. Sayang, fenomena ini tak bisa dilihat di Indo

Editor: rika irawati
kafeastronomi.com
Gerhana matahari cincin 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Kamis (10/6/2021) sore ini, gerhana matahari cincin (GMC) akan berlangsung di sejumlah wilayah di Dunia. Sayang, fenomena ini tak bisa dilihat di Indonesia.

Gerhana matahari cincin ini hanya bisa dilihat dari Pulau Ellesmere dan Bafffin. Keduanya masuk wilayah Kanada. Serta, di Kawasan Siberia.

Sementara itu, Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah, dan sebagian wilayah China, dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Baca juga: Asteroid Berukuran Gedung Pencakar Langit Lewati Bumi Pekan Ini, NASA Pastikan Tak Berbahaya

Baca juga: Berikut Jadwal Penampakan Gerhana Matahari Cincin di 31 Provinsi pada 21 Juni, Jateng Jam Berapa?

Meski tak dapat disaksikan di wilayah Indonesia, detik-detik gerhana matahari cincin dapat disaksikan mulai pukul 16.00 WIB secara live, melalui sejumlah link streaming berikut:

Link pertama

Link kedua

Link ketiga

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (10/6/2021), peneliti di Pussainsa LAPAN Andi Pangerang mengatakan, Indonesia tidak bisa menyaksikan gerhana matahari karena bayangan panumbra bulan yang jatuh ke permukaan Bumi tidak melalui Indoesia.

Karena kondisi itu maka Bulan tidak akan menutupi Matahari.

"Sehingga matahari akan terlihat sebagaimana biasanya ketika tidak terjadi gerhana," kata Andi, seperti diberitakan Kompas.com.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved