Breaking News:

Berita Pendidikan

Sah, IAIN Purwokerto Ganti Nama Jadi UIN Saizu Purwokerto

Institut Agama Islam Negeri Purwokerto secara resmi berganti nama menjadi Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto.

TRIBUNBANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI
Halaman depan gedung rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto, Selasa (1/6/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto secara resmi berganti nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto.

Peresmian pergantian nama itu ditandai pemotongan tumpeng oleh Rektor UIN Saizu Purwokerto Dr KH Moh Roqib MAg, di Auditorium UIN Saizu Purwokerto, Selasa (1/6/2021).

Acara itu juga sekaligus sebagai bentuk kegiatan "Nylameti Jeneng" atau pemberian nama baru.

Nylameti jeneng dilaksanakan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila yang juga sebagai penegasan, UIN Saizu merupakan perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri yang berpedoman pada Pancasila.

"Selain komitmen pada ideologi Pancasila, ada bubur abang putih yang merupakan warisan leluhur dan tradisi lokal yang harus dilestarikan," ujar Roqib setelah memotong tumpeng.

Baca juga: Tahanan di Mapolresta Banyumas Jalani Swab Antigen Covid-19, 8 Orang Dinyatakan Negatif

Baca juga: Viral, Air PDAM Bercampur Lumpur Hitam di Sokaraja Banyumas, Warga Sebut Sudah Dua Tahun Ini

Baca juga: Ditinggal Setahun Jelang Lulus, Mahasiswa IAIN Purwokerto Ini Putuskan Wisuda Virtual di Makam Ayah

Baca juga: IAIN Purwokerto Bangun Kampus Baru di Purbalingga, Gunakan Tanah Hibah Pemkab di Desa Karangjengkol

Roqib menambahkan, pergantian nama kampus tersebut telah disahkan Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 11 Mei 2021, dengan Nomor 41 Tahun 2021.

"Setelah ini bisa segera meningkatkan seluruh kemampuan kami, baik secara akademik maupun kelembagaan, menjadi UIN yang memiliki kualitas, bukan saja diakui secara nasional tetapi juga internasional," katanya.

"Beberapa sisi akan kami lengkapi, kami sempurnakan, kami kuatkan, sehingga potensi yang kami miliki bisa cepat berkembang," imbuhnya.

Pemotongan tumpeng sebagai tanda peresmian pergantian nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto yang dipimpin oleh Rektor UIN Saizu Purwokerto, Dr KH Moh Roqib MAg, di auditorium kampus setempat, Selasa (1/6/2021).
Pemotongan tumpeng sebagai tanda peresmian pergantian nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto yang dipimpin oleh Rektor UIN Saizu Purwokerto, Dr KH Moh Roqib MAg, di auditorium kampus setempat, Selasa (1/6/2021). (TRIBUNBANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI)

Selain itu, ada juga upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mereka miliki lewat sinkronisasi dari tingkat paling teknis sampai merumuskan berbagai macam kebijakan.

"Kami akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, dari tingkat daerah, nasional, hingga internasional," tambahnya.

Baca juga: Bandara JB Soedirman Purbalingga Diaktifkan, Tersedia Penerbangan Citilink setiap Kamis dan Sabtu

Baca juga: Pemerintah Berlakukan Lagi PPKM Mikro Mulai 1 Juni 2021, Mal Hanya Boleh Buka Sampai Pukul 21.00 WIB

Baca juga: Ditunda, Tarik Tunai dan Cek Saldo Nasabah Bank Himbara di ATM Link Masih Gratis

Baca juga: Dipinang Barcelona, Sergio Aguero Teken Kontrak Rp 1,7 Triliun untuk 2 Tahun

Ada beberapa hal yang membedakan UIN Saizu dengan UIN lain.

Menurut Roqib, akan ada pusat kajian dan pengembangan budaya panginyongan.

Hingga, akan terus disempurnakan melalui beberapa jejaring yang terkait dengan dunia internasional.

"Kaitannya dengan pengembangan bahasa melayu rakyat, di sini ada tinggalan melayu atau kerajaan-kerajaan dahulu kaitannya dengan bahasa jawi. Tulisan arab tetapi bahasa melayu, ini akan menjadi pembeda dengan UIN yang lain," ungkapnya. (Tribunbanyumas/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved