Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Pertamina Bangun Infrastruktur Gas Alam Cair di Kilang Cilacap, Gandeng PT Badak LNG

Komitmen kerja sama ini diwujudkan dalam tiga lingkup perjanjian yaitu, antara PGN dan KPI untuk penyediaan infrastruktur LNG.

SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI kilang minyak PT Pertamina (Persero). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Gas, Subholding Kilang, Subholding Shipping, dan PT Badak LNG bekerja sama untuk menyediakan infrastruktur gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) terintegrasi.

Itu untuk mendukung pengembangan bisnis kilang Pertamina di Cilacap.

Proyek ini akan menyuplai gas dengan peningkatan volume secara bertahap mencapai 111 MMSCFD selama 20 tahun ke Kilang Cilacap.

Baca juga: 33 Nakes RSUD Cilacap Diisolasi Terpusat di RS Priscilla Medical Center Sampang

Baca juga: Pemkab Cilacap Belum Terapkan WFH ASN, Ini Alasan Sekda Farid Maruf

Baca juga: Lima ABK Asal Filipina Dinyatakan Sembuh, Direktur RSUD Cilacap: Hasil Dua Kali Tes PCR

Baca juga: Kami Tidak Melarang Warga Cilacap Masuk Banyumas, Kapolresta: Hanya Memfilter di Wilayah Perbatasan

Pembangunan infrastruktur ini akan dilaksanakan dengan skema Small Scale Land Based Regasification Terminal dan diperkirakan membutuhkan biaya investasi sebesar 151,7 juta dollar AS atau setara sekira Rp 2,1 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dollar AS).

Komitmen kerja sama ini diwujudkan dalam tiga lingkup perjanjian yaitu, antara PGN dan KPI untuk penyediaan infrastruktur LNG.

Berikutnya antara PGN dan PT Badak LNG untuk penyediaan fasilitas penyimpanan dan breakbulking LNG.

Lainnya, antara PGN dan PIS untuk utilisasi kapal LNG dengan skema long term time charter atau skema angkutan LNG lainnya.

“Kami berharap kerja sama ini menjadi contoh bagi Subholding lain bahwa Pertamina Group dapat bersinergi dan menghasilkan manfaat yang luar biasa,” ujar Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono, seperti dilansir dari Kompas.com, Rabu (26/5/2021).

Mulyono mengatakan, proyek ini akan digunakan untuk mengembangkan market LNG retail di Jawa Tengah bagian selatan dan menghasilkan efisiensi luar biasa mencapai 58,5 juta dollar AS per tahun dengan pemanfaatan gas.

Kilang Cilacap yang merupakan salah satu dari 7 unit pengolahan di Indonesia, memiliki kapasitas produksi sebesar 348.000 BSD.

Halaman
12
Editor: deni setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved