Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Hari Pertama Larangan Mudik, Petugas Gabungan Amankan 10 Travel Gelap di Exit Tol Adiwerna Tegal

Hari pertama larangan mudik diterapkan, Kamis (6/5/2021), tim gabungan memutar balik puluhan kendaraan di exit Tol Adiwerna Kabupaten Tegal.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DESTA LEILA KARTIKA
Sejumlah pemudik diminta turun dari travel gelap yang terjaring dalam penyekatan hari pertama larangan mudik di Pintu Exit Tol Adiwerna, Kamis (6/5/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SLAWI - Hari pertama larangan mudik diterapkan, Kamis (6/5/2021), tim gabungan memutar balik puluhan kendaraan di exit Tol Adiwerna Kabupaten Tegal.

Mayoritas, kendaraan yang diputar balik bernomor polisi asal Jakarta atau plat B, baik kendaraan pribadi, truk, pikap, maupun travel gelap.

Wakapolres Tegal Kompol Didi Dewantoro mengatakan, di hari pertama larangan mudik diterapkan, pihaknya mengamankan 10 travel gelap.

Dari hasil pemeriksaan, baik sopir maupun penumpang tidak membawa surat jalan atau surat keterangan sehat (bebas Covid-19).

"Tadi, kami sempat mengadakan rapid tes antigen ke beberapa pemudik yang tidak membawa surat keterangan sehat atau bebas Covid-19, kurang lebih ada 9 orang dites dan hasilnya negatif. Kami juga mengamankan 10 travel gelap yang kedapatan membawa penumpang dari Jakarta tapi tidak membawa surat jalan," tutur Kompol Didi, di sela kegiatan, Kamis.

Baca juga: Pemkot Tegal Larang Warga Gelar Halalbihalal dan Open House Lebaran, Sesuai Surat Edaran Mendagri

Baca juga: Jalur Pantura Kota Tegal Makin Dipadati Pemudik Motor, Hari Ini Puncak Mudik Dini

Baca juga: Cek Tanggal Kadaluarsanya, Warga Tegal Diminta Lebih Teliti Saat Berbelanja

Baca juga: Pecah Ban di Tol Pejagan-Pemalang, Bus Haryanto Oleng dan Berakhir di Persawahan Kertasari Tegal

Menurut Didi, kendaraan travel gelap ini diamankan. Sementara, penumpang yang sudah melaksanakan rapid tes antigen dan hasilnya negatif, akan dibantu mencari kendaraan lain ke tujuan mereka.

Sedangkan bagi pengendara yang membawa surat jalan, surat sehat (bebas Covid-19), dan surat penugasan dari kantor atau instansi maka dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

"Modus pemudik kali ini ada yang beralasan berangkat dari Brebes mau kondangan ke Tegal, tapi setelah kami kroscek antara pengemudi dengan sopir, ternyata berbeda. Yang penumpang bilang berangkat dari Bekasi dan sopir bilang dari Brebes, ternyata kenyataannya memang berangkat dari Tambun Bekasi sehingga langsung kami tindak," jelasnya.

Tindakan yang dimaksud, dijelaskan Didi, berupa pengambilan sampel rapid tes antigen kepada penumpang dan sopir travel, penumpang diminta kembali, dan travel diamankan.

"Untuk hari pertama ini, selain 10 kendaraan yang diamankan, ada kurang lebih enam kendaraan pribadi yang kami minta putar balik. Karena mereka tidak bisa menunjukan surat sebagai syarat untuk bisa mudik atau melintas," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved